SERBUAN TERITORIAL (SERTER) TNI KORMAR TAHUN 2020

Jabar, PW: Asisten Potensi Maritim Komandan Korps Marinir (Aspotmar) Kolonel Marinir Raja E Girsang S.E., M.M. memimpin langsung Serbuan Teritorial (SERTER) TNI KORMAR Tahun 2020 yang diselengararakan di daerah Cipanas, Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat, Kamis (9/7/2020).

Pembinaan teritorial yang diselenggarakan oleh TNI AL/Korps Marinir pada hakekatnya adalah upaya, pekerjaan, dan tindakan, baik secara berdiri sendiri maupun bersama dengan aparat terkait dan komponen bangsa lainnya, untuk membantu pemerintah dalam menyiapkan kekuatan pertahanan yang meliputi wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya, serta terwujudnya kemanunggalan TNI – Rakyat yang dilaksanakan sesuai kewenangan dan peraturan perundang-undangan, dalam rangka tercapainya tugas pokok TNI, yakni mempertahankan dan menjaga kedaulatan, serta keutuhan wilayah NKRI.

TNI AL/ Korps Marinir berusaha terus membangun dan mengembangkan kekuatan kewilayahan agar mampu melaksanakan operasi di wilayah sendiri secara mandiri dan berlanjut. Serbuan Teritorial yang tengah digalakkan di satuan jajaran TNI khususnya Korps Marinir, adalah segala bentuk kegiatan guna membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi warga masyarakat dan membantu pemerintah daerah dalam mengakselerasi pembangunan di daerah. Melalui serbuan teritorial tersebut, sangat diharapkan efektivitas Binter (pembinaan teritorial) dalam membantu kesulitan rakyat dapat diwujudkan dengan optimal, sehingga akan dapat memantapkan Kemanunggalan TNI – Rakyat dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI.

Dengan mengusung tema ”DENGAN SEMANGAT SERTER TNI KITA TINGKATKAN KEGIATAN BINPOTMAR TNI SECARA MASIF GUNA MENGATASI KESULITAN RAKYAT DI WILAYAH KORMAR”, kegiatan ini diharapkan dapat membantu, meminimalisasi, dan mengatasi kesulitan masyarakat di wilayah Kormar melalui kegiatan pembinaan potensi maritim TNI secara masif.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan selama SERTER TNI KORMAR 2020 meliputi kegiatan fisk dan non fisik. Kegiatan fisik berupa Pengolahan lahan pertanian seluas 4 Ha dan Perbaikan kolam ikan sebanyak 15 blok yang terletak di daerah Ciwalen, Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Sedangkan kegiatan non fisik berupa Penyuluhan tentang pertanian dan perikanan, Penyuluhan tentang kesehatan lingkungan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid 19 serta Bhakti Sosial dengan pemberian bantuan paket sembako dan alat-alat kesehatan.

Dalam amanatnya Aspotmar Dankormar mengatakan “Korps Marinir mendapatkan tugas yang sangat mulia dari Panglima TNI untuk melaksanakan SERTER TNI KORMAR Ta. 2020 di wilayah Cipanas dan sekitarnya, Korps Marinir akan bekerja secara bersama-sama dengan upaya dan pemikiran-pemikiran guna membantu untuk meningkatkan kesejahteraan di wilayah ini.”

“Perlu diketahui Bersama secara umum dampak pandemi covid-19 berakibat pada krisis ekonomi dan pangan, sehingga Pemerintah menggalakan Program Ketahanan Pangan, Korps Marinir secara aktif ikut serta menyelenggarakan giat tersebut,”tambahnya.

Hadir dalam acara tersebut Kadiskes Kormar Kolonel Laut (K) Aryo Bintoro, SP.U, Kadis DKPP Dr. Ir. Parwinia, MMA, Dandim 0608 Cianjur, Letkol Inf. Rendra Dwi Andhani, Danyon Yonarmed 5/105 Tarik, Letnan Kolonel Arm Krisrantau Hermawan, Perwakilan Polres serta Forkompimda dan Forkompimcam di wilayah setempat.

Total Views: 229 ,

Related posts

Leave a Comment