TINGKATKAN PROFESIONALISME, PRAJURIT YONIF 5 MARINIR LATIHAN MENGGUNAKAN ALAT KOMUNIKASI

(Surabaya) PW : Dalam rangka meningkatkan profesionalisme, prajurit Batalyon Infanteri 5 Marinir melaksanakan latihan menggunakan alat komunikasi radio di kelas lapangan Yonif 5 Marinir Ujung, Semampir, Surabaya. Jumat (29/05/2020).

Kegiatan pengetahuan komunikasi radio yang dipimpin oleh Bintara Peleton (Baton) Komunikasi Yonif 5 Marinir Serma Marinir Syaiful Bahri Sallie tersebut dengan cara mempelajari dan menggunakan berbagai alat komunikasi radio diantaranya radio AN/PRC 77, radio AN/PRC 130, Handy Talky (HT) VHF dan Handy Talky (HT) UV. Adapun materi kegiatan meliputi pengenalan radio, bongkar pasang radio, ganti frekwensi dan tata cara komunikasi dalam mempergunakan radio PRC maupun HT.

Danyonif 5 Marinir Letkol Marinir Supriyadi, M.Tr.Hanla mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memperdalam dan mempermahir ketrampilan prajurit dalam mengoperasionalkan radio. Kemampuan prajurit untuk berkomunikasi lewat radio merupakan kunci penting dalam melaporkan maupun menerima informasi maupun perintah pimpinan serta menjalin komunikasi dengan satuan kawan pada saat melaksanakan tugas operasi guna tercapainya keberhasilan.

“Komunikasi merupakan urat nadi pertempuran sebagai unsur utama dalam menyampaikan strategi di lapangan, maka kemampuan prajurit dalam mengoperasikan radio harus terus dijaga dan ditingkatkan secara profesional,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Danyonif 5 Mar mengharapkan kepada seluruh prajurit agar memahami semua alat komunikasi serta mempelajari sandi-sandi yang digunakan oleh Korps Marinir.

“Laksanakan kegiatan ini dengan penuh semangat dan rasa tanggung jawab sehingga sasaran yang diharapkan dapat  tercapai serta siap untuk menghadapi tugas-tugas ke depan, yang paling penting, tetap mengutamakan protokol pencegahan penyebaran covid-19 dengan melaksanakan physical distancing dan menggunakan masker,” tambahnya.

Total Views: 228 ,

Related posts

Leave a Comment