Apel Khusus Yonmarhanlan XII Pontianak

Mempawah, PW: Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XII (Danyonmarhalan XII) Pontianak Letkol Marinir Sofian Cahyo Utomo, M.Tr.Opsla., beserta prajurit melaksanakan Apel Khusus yang diselenggarakan di Mako Yonmarhalan XII Jl. A. Rani desa Kuala Secapah Kec. Mempawah Hilir Kab. Mempawah – Kalbar, Selasa (26/05/2020).

Kegiatan Apel Khusus ini digelar dalam rangka halal bihalal yang usai prajurit “Jaguar Yudha Khatulistiwa” Yonmarhanlan XII melaksanakan lebaran Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, setelah sebulan lamanya menenuaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Halal Bihalal saat ini sangat berbeda, dikarenakan situasi nasional saat ini masih dalam suasana pandemi Corona Virus Desease (Covid 19), maka dari itu prajurit Yonmarhanlan XII tetap melaksanakan prosedur Physical Distancing dan penggunaan masker serta menggunakan panduan protokol kesehatan, sehingga pelaksanaannya tidak melakukan berjabat tangan. Sementara itu untuk silaturahmi keluarga yang jauh dilakukan dengan cara visual memanfaatkan media elektronik yang ada, dimana hal itu tidak mengurangi esensi daripada hakekat Hari Raya Idul Fitri itu sendiri supaya tetap tersambungnya tali silaturahmi baik dengan teman sejawat sanak saudara ataupun orang tua, khususnya keluarga besar Yonmarhanlan XII.

Sebagaimana arahan Danyonmarhanlan XII bahwa, “Dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan, halal bihalal dapat dimaknai sebagai kegiatan silaturahmi dan saling memaafkan yang merupakan risalah Islam dalam menyelesaikan masalah atau kesulitan, meluruskan benang kusut, mencairkan hal yang membeku, melepaskan ikatan yang membelenggu untuk itu dengan dilaksanakan halal bihalal maka terjalin kembali tali silaturahmi rasa saling memaafkan maka seseorang akan menemukan hakikat Idul Fitri, terwujudnya keharmonisan dari sebuah perbedaan serta berbuat baik secara berkelanjutan,” ujarnya.

“Jadi kegiatan ini tidak hanya sekedar saling memaafkan saja atau ritual keagamaan namun juga menciptakan kondisi persatuan dan tradisi kemanusiaan dan kebangsaan yang baik”, pungkas Letkol Marinir Sofian Cahyo Utomo, M.Tr.Opsla., mengakhiri arahannya.

Total Views: 256 ,

Related posts

Leave a Comment