DANPOS TNI AL PALOH MENDAMPINGI KUNJUNGAN DEPUTI BIN BIDANG EKONOMI DI KEC. PALOH KAB. SAMBAS KALIMANTAN BARAT

Pontianak, PW: Komandan Pos TNI AL Paloh Kab Sambas, Lettu Laut (P) Wahyuddin, yang merupakan kepanjangan tangan Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi, di Wilayah Perairan Kab. Sambas Provinsi Kalimantan Barat, bersama Camat Paloh Ir. Sofiandi, menerima Kunjungan Kerja Deputi IV Bidang Ekonomi Ka. BIN.

Komandan Pos TNI AL Paloh Kab Sambas, Lettu Laut (P) Wahyuddin, disela sela kesibukannya sebagai mata dan telinga Lantamal XII dalam menjaga keamanan wilayah perairan Kab. Sambas, berkempatan mendampingi Deputi-IV bidang Ekonomi Ka BIN  Drs. Heru Istyono, M. Si., selaku Ketua Tim dalam rangka Kunjungan Kerja Percepatan Pembangunan di wilayah Perbatasan Kab. Sambas bertempat di Kantor Kecamatan Paloh, Dsn. Perintis Ds. Nibung Kec. Paloh, Kab. Sambas. Rombongan disambut oleh Unsur Muspika dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Paloh.

Adapun personel yang ikut dalam rombongan tersebut antara lain Drs. Heru Istyono, M.Si. (Deputi-IV Ka BIN), Prof. Dr. M. Ikhsan Tanggok, M.Si (Dewan Analis Strategis BIN), selaku Tim Ahli, Bakti Subanar (Kepala BIN Daerah Kalbar), dan Ermayudi Sumarsono (Direktur-42 BIN), serta Kolonel Muh. Juanda (Kasubdit 35.2 BIN).  Sedangkan Personil Pendukung antara lain Mayor Bayu Arristandi,  Indera Cahya,  Achmad Maulana Rizal,  Yohanes Priyo Utomo,  Gunawan Sapta, dan Yuwana, Aldhie Putera (ADC Deputi 4 BIN).

Adapun rangkaian kegiatannya yaitu  tatap muka dengan Muspika Paloh dan mendengarkan secara singkat penjelasan dari Camat Paloh tentang kondisi Geografi, Demografi serta Kondisi Sosial  wilayah perbatasan kecamatan Paloh, dan menggali potensi SDA dan sektor pariwisata yang ada diperbatasan dengan dibukanya perdagangan ekspor- import RI – Malaysia apakah saling menguntungkan antara kedua negara.

Camat Paloh juga menjelaskan Potensi SDA di bidang perikanan yang ada di kecamatan paloh sangat tinggi seperti ikan, udang, lobster dan kepiting. Sebelum terjadinya pandemi Covid – 19, masyarakat di Desa Temajuk setiap hari nya menjual hasil laut ke Malaysia.  Saat ini hasil laut tidak bisa dikirim/jual ke Malaysia karena perbatasan ditutup (Malaysia melakukan Lock Down), dan berharap kepada pemerintah pusat untuk mencari jalan keluar supaya masyarakat di perbatasan bisa hidup normal kembali.

Rombongan Deputi-IV bidang Ekonomi Ka BIN  juga melaksanakan kunjungan di Base Off Lanud Liku dan Pelabuhan ASDP/Pelabuhan Ferry Sumpit Kab. Sambas Kalimantan Barat.

Total Views: 185 ,

Related posts

Leave a Comment