Bingsis Kodiklatal Ikuti Pembekalan Psikologi

Surabaya, PW: Sebagai upaya dalam mensukseskan program pendidikan di lingkungan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal),  Puluhan Prajurit yang mejabat Pembimbing Siswa (Bingsis) mendapatkan pembekalan Psikologi siswa dari Tim Dinas Psikologi Angkatan Laut (Dispsial) yang dilaksanakan di gedung Moeljadi Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya, Kamis, (14/5)

Adapun Tim Psikologi ini dipimpin langsung Letkol Laut (KH) Ari Yudha, S. Psi. Tampak hadir dalam acara tersebut Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos., M.M, Direktur Umum Kodiklatal Laksma TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP.

Para Bingsis ini berasal dari tiga Komando Pendidikan (Kodik) dan satu Pusat Latihan (Puslat) Kodiklatal. Ketiga Kodik tersebut adalah Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla), Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum), Komando Pendidikan Marinir (Kodikkmar), sedangkan satu Puslat adalah Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil).

Mengawali pembekalanya Letkol Laut (KH) Ari Yudha, S. Psi menyampaikan bahwa keberhasilan dalam proses pendidikan tidak terlepas dari peran para pembimbing siswa. Untuk menghilangkan kejenuhan para peserta didik tersebut hendaknya para pembimbing siswa bisa mengembangkan inovasi dalam belajar mengajar salah satunya melalui Outbound.

Menurutnya salah satu makna dari Outbound ini adalah bermain bersama dengan rekan-rekan. Adapun langkah langkah perencanaan outbound meliputi tujuan dari pelaksanaan, tempat pelaksanaan, jumlah peserta, jenis kegiatan  hingga anggaran yang dibutuhkan.

Dari pelaksanan outbound ini diharapkan secara umum dapat menumbuhkan rasa percaya diri, mampu mebangun berkomunikasi yang baik dan menimbulkan adanya saling pengertian, sehingga terciptanya saling percaya antar sesama peserta.

Total Views: 119 ,

Related posts

Leave a Comment