Penyusunan Rencana Strategis Bisnis, RSUD Kawali Gelar Forum Konsultasi Publik dan Focus Group Discussion(FGD)

 

Ciamis, Jabar — PW.Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Andang Firman Triyadi, menghadiri Forum Konsultasi Publik RSUD Kawali pada Kamis, 10 Oktober 2024, dengan tema “Forum Konsultasi Publik dan Focus Group Discussion Penyusunan Rencana Strategis Bisnis RSUD Kawali Tahun 2025-2026.”

Forum Konsultasi Publik atau FKP RSUD Kawali ini merupakan bentuk implementasi dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Kegiatan ini wajib mengikutsertakan masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik sebagai upaya membangun sistem pelayanan yang adil, transparan, dan akuntabel.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Ciamis, Dr H Andang Firman Triyadi, MT menyatakan bahwa peran serta masyarakat dalam kegiatan penyelenggaraan pelayanan publik diwujudkan dalam bentuk kerja sama, pemenuhan hak dan kewajiban masyarakat, serta peran aktif dalam penyusunan kebijakan pelayanan publik. Menurutnya, partisipasi masyarakat dimulai dari penyusunan kebijakan hingga evaluasi kebijakan. Hal ini memerlukan koordinasi antara pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan dengan masyarakat sebagai pengguna layanan yang diwujudkan dalam bentuk forum konsultasi publik.

Kebijakan pelayanan publik yang efektif untuk peningkatan mutu layanan kesehatan lanjutan dan rujukan di RSUD Kawali antara lain dengan penguatan PPK, BLUD, serta mengakselerasi pengembangan layanan unggulan untuk meningkatkan daya saing melalui praktik bisnis yang sehat.

Pada kesempatan tersebut, Andang juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta Forum Konsultasi Publik yang telah memenuhi undangan dan berkontribusi terhadap penyempurnaan rancangan RSB ini.

Sementara itu, dalam laporan acara kegiatan, Direktur RSUD Kawali, drg. Evie Triyanti, menyampaikan bahwa Forum Konsultasi Publik (FKP) dan Focus Group Discussion (FGD) penyusunan Rencana Strategis Bisnis (RSB) RSUD Kawali tahun 2025-2026 bertujuan untuk memperoleh pemahaman hingga solusi antara penyelenggara pelayanan dan masyarakat dalam penyempurnaan rancangan RSB RSUD Kawali tahun 2025-2026.

Sebagai rancangan kebijakan pelayanan publik, sehingga diperoleh kebijakan yang efektif dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, output dari kegiatan ini menghasilkan:
Berita acara hasil Forum Konsultasi Publik (FKP) RSUD Kawali.Penyelesaian tindak lanjut berita acara FKP.Keputusan Direktur RSUD Kawali tentang RSB RSUD Kawali tahun 2025-2026.

Diketahui kegiatan tersebut dihadiri Sekeretarsi Daerah Kabupaten Ciamis, Dr.Andang Firman Triadi, Ketua DPRD, Direktur RSUD Kawali drg. Evie Trianti, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda.Kab Ciamiis, Inspektur Kab.Ciamis, Seluruh Kepala SKPD, Direktur RSUD Ciamis, Ketua PKK Ciamis, Ketua GOW, Perwakilan Camat, Kapolsek Kawali, Danramil,Kawali, Para UPTD Puskesmas, Puluhan Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Para Kepala Dusun, Organisasi Masyarakat, LSM ,unsur Media dan Tamu undangan lainyaa dan selama kegiatan berjalan dengan tertib, aman dan kondusif.***

Jurnalis: FAI

Related posts