Babinsa Desa Akkor Bantu Bajak Sawah Warga Untuk Persiapan Tanam Jagung

PAMEKASAN PW – Babinsa Desa Akkor, Koramil 0826-08 Palengaan, Sertu Miskum SM, kembali terjun langsung membantu masyarakat dalam upaya pengolahan lahan pertanian. Kali ini, ia membantu Sholehoddin, seorang petani setempat, dalam pengempuran tanah di lahannya seluas 40 x 30 meter untuk mempersiapkan penanaman jagung. Pengolahan dilakukan dengan menggunakan alat tradisional, yaitu pembajakan tanah dengan tenaga sapi, Senin (08/10/2024).

Sertu Miskum SM mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menjadikan tanah lebih gembur dan siap tanam.

“Proses ini juga memudahkan dalam membersihkan lahan dari gulma atau rumput liar yang sering menjadi hama bagi tanaman jagung, serta memudahkan dalam membuat lubang untuk penanaman bibit jagung,”ujarnya.

“Pengempuran tanah juga berperan penting dalam meningkatkan kesuburan tanah, yang diharapkan mampu mendukung peningkatan hasil produksi jagung di masa mendatang,”ucapnya.

Pengolahan tanah ini dilakukan sekitar seminggu, atau kurang dari seminggu, sebelum masa tanam jagung dimulai. Langkah ini dilakukan sesuai dengan anjuran petugas penyuluh pertanian setempat. Tahap pengempuran tanah dianggap sangat penting dalam siklus pertanian untuk memastikan hasil panen yang maksimal.

Sertu Miskum SM juga menjelaskan bahwa keterlibatannya sebagai Babinsa dalam membantu petani merupakan salah satu bentuk nyata dukungan TNI kepada masyarakat, khususnya dalam bidang pertanian yang menjadi sumber penghidupan utama masyarakat di wilayah tersebut.

Related posts