Personel Kodim 1009/Tanah Laut Hadiri Kegiatan Gerakan Percepatan Tanam Padi Serentak dan Temu Lapang Di Desa Handil Babirik

Tanah Laut – PW:Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tla, Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., diwakili oleh Danramil 1009-05/Kurau Kapten Kav Wahyo Okto Subekti menghadiri Kegiatan Gerakan Percepatan Tanam Padi Serentak dan Temu Lapang yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Tanah Laut, di Desa Handil Babirik, Kec. Bumi Makmur, Kab. Tanah Laut, Senin (30/09/2024).

Gerakan Percepatan Tanam Padi ini dilakukan secara serentak di Sebelas (11) Kecamatan di Kabupaten Tanah Laut sebagai bagian dalam Optimalisasi Lahan (Opla) dengan meningkatkan indeks pertanaman yang semula hanya sekali panen dalam setahun untuk selanjutnya ditingkatkan menjadi Dua (2) bahkan Tiga (3) kali dalam setahun.

Pj. Bupati Tala Ir. H. Syamsir Rahman, MS., yang juga merupakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan saat temu lapangan bersama Penyuluh dan para petani yang tergabung dalam gapoktan se-Kecamatan Bumi Makmur mengatakan bahwa, program percepatan tanam diharapkan bisa mengamankan pasokan beras untuk masyarakat Kalimantan Selatan khususnya di Kabupaten Tanah Laut.

“Area persawahan yang telah ditanami padi diharapkan bisa dipanen Tiga (3) bulan kedepan dengan menanam bibit varietas unggul untuk memperkuat cadangan pangan di daerah dan nasional,” tutur Pj. Bupati.

”Gerakan tanam padi secara serentak ini merupakan program dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI, dalam rangka meningkatkan indeks pertanaman (IP), dengan harapan program ini bisa lebih mengoptimalkan hasil panen guna mempersiapkan ketersediaan pangan, khususnya di Kabupaten Tanah Laut,” tutupnya.

(red/mask95).

Related posts