Komandan Lanal Semarang Hadiri Peringatan Hari Pramuka Ke-63 Tahun 2024

 

Jambore merupakan pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka dari tingkat yang paling ranting hingga tingkat nasional. Sedangkan Kwartir merupakan badan pengelola gerakan Pramuka yang mempunyai tugas pokok pembinaan satuan dan gugus depan dalam pengembangan gerakan Pramuka.

TNI Angkatan Laut dalam hal ini Komandan Lanal Semarang Letkol Laut (P) Akbar Abdullah, M. Tr. Opsla. menghadiri Upacara Hari Pramuka ke-63 dan Penutupan Jambore Kwartir daerah Jawa Tengah Tahun 2024 dengan tema “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI” yang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Prov. Jateng Ibu Dra. Ema Rachmawati, M. Hum. Yang bertempat di Bumi Perkemahan Candra Birawa Sumurejo, Gunung Pati, Kota Semarang. Rabu (04/09/2024).

Sambutan Pj. Gubernur Jateng Bapak Drs. Nana Sudjana, M.M. yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Prov. Jateng, intinya “Selamat Hari Ulang Tahun ke-63 untuk seluruh anggota gerakan Pramuka semoga Gerakan Pramuka selalu menjunjung tinggi dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap kegiatan, serta menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI. Saya sangat mengapresiasi keberadaan Gerakan Pramuka, sebagai organisasi yang memiliki peran strategis dalam membentuk karakter generasi muda Indonesia, terlebih dalam menyongsong Indonesia Emas 2045”.

Lebih lanjut “Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah merupakan mitra strategis Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini sejalan dengan Misi I Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yakni mewujudkan sumber daya manusia dan masyarakat Jawa Tengah yang berkualitas, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cerdas, sehat, serta berbudaya. Kegiatan Jambore Daerah Jawa Tengah 2024 yang berlangsung sejak tanggal 31 Agustus 2024 dapat berjalan lancar, dan hari ini telah selesai. Saya sampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini.”

Di akhir acara dilaksanakan pemberian penghargaan Lencana Darma Bakti, Lencana Pancawarsa Utama, Penegak Putra, Penggalang Mula, dan Teladan Siaga Mula.

Related posts