Prajurit Yonmarhanlan II Lanjutkan Pencarian Hari ke 3 Pasca Banjir dan Lahar Dingin

Padang, PW: TNI AL, Pasmar 1. Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) ll, Padang yang tergabung dalam Satgas penanggulangan Bencana Lantamal ll hari ke 3 turut membantu pencarian dan evakuasi korban bencana banjir bandang dan lahar dingin gunung Marapi yang bertempat di Jorong Simpang Bukik Nagari Bukit Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat Selasa (14/05/2024).

Kegiatan pencarian korban yang terjadi pada 3 hari yang lalu sudah banyak menelan korban jiwa sampai saat ini di 2 Kecamatan seperti Nagari Sungai Pua dan Bukik Batabuah tercatat 20 korban jiwa. Pada hari Selasa tanggal 14 Mei 2024 sekitar pukul 11.00 Wib siang ditemukan 1 korban jiwa lagi di kenagarian Sungai Pua Kabupaten Agam, yang tertindih bangunan dan material banjir bandang dan lahar dingin dari gunung Marapi.

Penanggulangan dan pencarian korban bencana banjir bandang dan lahar dingin gunung Marapi dari Yonmarhanlan ll yang tergabung Satgas Lantamal ll dipimpin langsung oleh Letda Marinir Andre Zainal dengan personel gabungan jajaran Lantamal ll Padang.

Peninjauan lokasi bencana ini ditinjau langsung oleh Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat yaitu, H.M. Jusuf Kalla didampingi Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, M.M., beserta para Pejabat Forkopimda setempat.

Lebih lanjut, Danyonmarhanlan ll, Mayor Marinir Deny Aprianto Putro M.Tr.Opsla., menyampaikan kepada prajurit tergabung dalam satuan tugas penanggulangan bencana Lantamal ll mengatakan, “Penanggulangan bencana ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang terkena dampak tersebut, dan kehadiran kita sangat dibutuhkan ditengah tengah masyarakat, serta jadilah figur yang baik sehingga keberadaan kita diakui ditengah masyarakat yang dilanda musibah,” ungkapnya.

Related posts