Rakernas IDI ke 3 tahun 2023 di Kendari, Perhimpunan Kedokteran Kelautan ( PERDOKLA) dan Kolegium Hadir Perkuat Soliditas Profesi

 

Untuk meningkatkan semangat kebersamaan , soliditas dan kompetensi anggota, IDI melaksanakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) IDI KE III dan IIDI ke 16 yang bertemakan IDI REBORN : “Bangkit dan bersatu untuk harkat profesi dokter dan Rakyat Indonesia” yang dilaksanakan di Kendari tgl 21-25 November 2023 bertempat di Hotel Claro Kendari . Sebagai tuan rumah Rakornas IDI kali ini adalah IDI wilayah SulawesiTenggara ( Sultra). Adapun kegiatan ini terbagi menjadi 5 sesi yaitu
Wellcome Dinner 21 November 2023, Rapat Kerja Nasional 22-23 November 2023, mini Simposium 22 November 2023, City Tour & Gala Dinner 24 November 2023 dan Fun Walk & Senam sehat 25 November 2023.
Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 800 orang peserta yang berasal dari PB IDI, perwakilan IDI wilayah maupun perhimpunan dan keseminatan yang ada di seluruh Indonesia.

Adapun peserta perwakilan dari Perdokla dan Kolegium pada Rakernas IDI ke 3 terdiri dari ketua kolegium kedokteran Laksma TNI (purn) DR. Dr. Harmin Sarana, MM, FS, SpB(K), SpKL. Subsp. KT(K), Ketua Bidang Kemitraan dan kerjasama sekaligus ketua Bidang Humas, Publikasi dan pengabdian masyarakat Perdokla Kolonel Laut( K) Dr.dr.Hisnindarsyah Sp.KL subsp.KT(K), SE M.Kes MH. C.FEM, FISQua FRSPH dan Dr. Wahyu Sulistya Affarah, MPH, SpKL. Subsp. PP(K), anggota Bidang Humas, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat.

Rangkaian kegiatan diawali pada tanggal 21 November 2013 yaitu seminar awam dengan tema *Deteksi dini dan terapi kanker payudara dan kanker serviks”. seminar awam ini dibawakan oleh dr.M.Yadi Permana Sp.B., Subsp. Onk (K) dan dr. Ulul albab, Sp.OG bertempat di hotel claro Kendari.

Setelah seminar awam, dilanjutkan welcome dinner di kantor walikota Kendari mulai jam 19.00 wita yang dibuka langsung oleh Asmarata tosepu AP.MSi sebagai PJ walikota Kendari dimeriahkan dengan berbagai persembahan spesial yaitu satu kolosal medula choir, pertunjukan angklung, musik bambu dan masih banyak lagi.

Pembukaan acara RAKERNAS IDI ke III dan RAKER IIDI ke XVI di hotel Claro Kendari dilaksanakan pada hari Rabu, 22 Nopember 2023 . Acara ini disambut antusias dan dihadiri oleh dokter dan istri dokter dari seluruh Indonesia. Medulla Choir kembali memeriahkan acara pembukaan serta tarian 3 etnis yang semarak.

Acara ini dibuka langsung oleh menteri koordinator pembangunan manusia dan kebudayaan yaitu Prof Dr Muhajir Effendi M.AP. selain itu ada sambutan dari ketua PB IDI di wilayah Sulawesi tenggara Dr. Laode Rabiul Awal SpB, ketua umum PB IDI Dr dr. Adib Chumaidi SpOT FICS, Ketua Umum IIDI serta Sekda provinsi Sulawesi tenggara mewakili Gubernur Sultra.

Acara selanjutnya adalah mini simposium, yang dibuka dengan topik etik kedokteran dan dilanjutkan dengan empat topik menarik lainnya. Simposium diikuti oleh puluhan peserta yang didominasi oleh general practioner di kota Kendari dan dari luar Kota Kendari.

Bersamaan dengan mini simposium, juga dilaksanakan plenary lecture mengenai *peran dan kolaborasi dalam penanganan dan pencegahan stunting* yakni langsung dibawakan oleh kepala BKKBN dan diikuti dua menteri lainnya. Kemudian acara dilanjutkan dengan sidang pleno dan sidang komisi.

Sidang pleno pada hari Kamis 23 November 2023 dilanjutkan dengan bidang komisi yang dibagi ke dalam 6 komisi. Setelah berdiskusi, hasil diskusi akan dibawakan dalam sidang pleno selanjutnya.
Adapun 6 komisi yaitu komisi A: AD/ART dan tata laksana organisasi, komisi B: Pendidikan dokter dan CPD, komisi C: Pelayanan Profesi Kedokteran, Komisi D: etika, disiplin dan hukum, komisi E : Kebijakan Organisasi, komisi F : Rekomendaai dan Pembahasan GBPP.

DR. Dr. Harmin Sarana, MM, FS, SpB(K), SpKL. Subsp. KT(K) : Ketua Kolegium Kedokteran Kelautan memberikan masukan di sidang komisi C

Dalam sidang komisi C tentang pelayanan profesi dokter, Ketua Kolegium Dr.dr.Harmin Sarana SpB, SpKL Subsp KT(K) menyampaikan perlu adanya kejelasan aturan kompetensi profesi agar tidak terjadi overlapping antara permen yang ada seperti perbedaan aturan permenkes dan permenaker Sehinga perlu perhatian terkait keprofesian perlu diperhatikan level kompetensi: Penguatan
Penambahan, overlapping dan Share kompetensi.

Dr.dr.Hisnindarsyah SpKL sub sp KT(K).SE M.Kes MH C.FEM, Fisqua FRSPH memberi masukan di sidang komisi C

Di komisi yang sama, Dr.dr. Hisnindarsyah Sp.KL subsp, SpKT(K), SE M.Kes MH C.FEM,FISQua FRSPH menyampaikan tentang perlunya dipertimbangkan untuk memasukkan profesi dokter Spesisialials di Layanan Primer , karena dalam buku panduan renumerasi yang rersusun tahun 2023, tarif layanan hanya ada di level Rumah Sakit. Sedangkan di layanan primer, belum dimasukkan.

Dr. Wahyu Sulistya Affarah, MPH, SpKL. Subsp. PP(K) –> Anggota Bidang Humas, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat

Dr.dr .wahyu Sulistya Affarah MPH Sp.KL subsp.PP(K), mendapat kepercayaan sebagai sekretaris sidang komisi E bidang kebijakan organisasi. Dr.dr Affarah SpKL, mendapat kesempatan menyampaikan hasil rekomendasi sidang komisi E di Rapat Pleno. Dan ini menunjukkan bahwa keberadaan Spesialis Kedokteran Kelautan( Sp KL), memberi kontribusi nyata bagi organiasasi profesi dan masyarakat

Kemudian untuk hari selanjutnya yakni pada hari Jumat tanggal 24 November 2023 dan Gala dinner. city tour akan dimulai dari jam 09.00 wita – selesai dan Gala Dinner pada jam 19.00. Kegiatan Rakernas IDI ke 3 berlangsung lancar ,aman dan sukses. ( HSD/humas Perdokla)

Related posts