Asops Kasal Ikuti GT Demo TFG Sail Teluk Cenderawasih-23

Biak Papua PW- Sehubungan makin mendekatnya pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih-23 (STC tahun 2023) yang akan berlangsung di Kabupaten Biak Papua, maka persiapan demi persiapan untuk kelancaran kegiatan ini, semakin dilakukan dengan baik.

Beberapa hari lalu dilaksanakan Pra TFG (Tactical Floor Game), dan hari ini bertempat di Mako Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada III Biak (19 November 2023), kembali dilaksanakan TFG. Namun kali ini GT Demo TFG dihadiri langsung oleh Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksamana Muda TNI Denih Hendrata.

Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) III Marsda TNI Donald Kasenda, bersama para pejabat TNI-Polri juga instansi terkait serta nelayan, turut mengikuti TFG tersebut. Di awal kegiatan, Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada III Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji selaku Komandan GT Demo TFG menyampaikan garis besar pelaksanaan TFG.

Pelaksanaan TFG ini merupakan simulasi latihan yang dilakukan di lantai, namun menggambarkan situasi yang sebenarnya dari seluruh unsur yang terlibat. TFG ini untuk mematangkan rencana kegiatan yang telah siapkan. Sehingga saat pelaksanaan STC, dapat berjalan dengan baik.

Asops Kasal menekankan pada semua unsur, agar benar-benar tahu apa yang harus dikerjakan. Cara menggunakan unsur yang diawakinya mulai dari awal sampai akhir kegiatan. Acara Sail Teluk Cendrawasih ini merupakan acara yang besar, yang bisa membawa nama Kabupaten Biak Numfor hingga dapat terkenal sampai di manca negara, seperti kota-kota yang pernah menyelenggarakan Sail.

Pelaksanaan kegiatan TFG ini, di akhiri dengan ucapan syukur, melaksanakan doa bersama dan melakukan pemotongan tumpeng. Hal ini dilakukan sebagai bentuk doa dan harapan agar acara Sail Teluk Cenderawasih-23 dapat berjalan lancar, aman dan sukses.

*Jacob Sumampouw

Related posts