“Jangan Berdusta” Ini Isi Khotbah Juma’at Babinsa Kairatu

SBB PW Dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT bersama dengan warga masyarakat di wilayah desa binaannya.

Babinsa Koramil 1513-03/Kairatu Sertu Mogny Patty, melakukan kegiatan keagamaan dengan mengisi khutbah Jum’at di Mesjid Al Fajar, Desa Latu, Kecamatan Amalatu, Kab. SBB Jumat 17 November 2023.

Dalam khutbahnya, Sertu Mogny Patty mengangkat Tema “Jujur Mulia tanpa Dusta” disampaikan kepada Ratusan Jamaah yang hadir dalam Ibadah Sholat Jumat.

mengawali khutbahnya, Babinsa Sertu Mogny Patty mengajak seluruh Jamaah yang hadir untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“pada kesempatan ini, khotib senantiasa tidak bosan-bosannya mengajak kepada kita sekalian untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT” tutur Serda Saifudin.

selanjutnya, sesuai dengan tema khutbah, disampaikan bahwa Kita berlindung kepada Allah dari termasuk orang-orang yang suka berdusta (berbohong).

Karena berdusta itu jika seseorang terbiasa melakukannya, maka dia akan berdusta dalam segala hal. Dan dia akan dicatat di sisi Allah sebagai kadzdzab (orang yang banyak berdusta).

Karena inilah, asal amalan hati semuanya adalah dari kejujuran, dan lawannya seperti riya’, ujub, sombong, berbangga diri, lemah, malas, penakut, dan lainnya asalnya adalah dari perbuatan dusta.

Maka semua amalan shalih yang tampak maupun yang tersembunyi asalnya dari kejujuran. Dan semua amalan jelek yang tampak maupun yang tersembunyi asalnya dari perbuatan dusta.

Babinsa juga mengajak para umat muslim untuk menyamakan persepsi antar sesama umat Islam, agar tidak terkotak-kotak oleh pemikiran ataupun aliran yang berbeda. Karena pada dasarnya Islam adalah agama yang damai, semua manusia adalah saudara walaupun berbeda suku, bangsa, bahasa, warna kulit dan agama.

Sementara itu, Danramil 1513-03/Kairatu Kapten Inf Agung Prabowo ditempat terpisah menyampaikan, sebagai bagian dari tugasnya dalam pembinaan komunikasi sosial, pihaknya memang telah menyampaikan perintah kepada Babinsa untuk mengisi kegiatan-kegiatan kemasyarakatan khususnya di bidang keagamaan.

“Sertu Mogny Patty adalah Babinsa yang memiliki pemahaman tentang agama yang cukup baik, saya merasa bangga dengan Babinsanya, sebagai anggota TNI juga memiliki bekal ilmu agama yang dapat disalurkan kepada masyarakat, sebab TNI dan rakyat memang suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan sejak jaman perjuangan kemerdekaan dulu.” ungkap Danramil.

Terlihat dalam kegiatan sholat Jumat, jamaah yang hadir sangat antusias mendengarkan ceramah keagamaan pada kesempatan tersebut, terlebih yang memberikan khutbah adalah seorang anggota TNI yang menjabat sebagai Babinsa yang kesehariannya sering bergabung dengan masyarakatnya.@/red

Related posts