Danrem 102/Pjg Hadiri Penutupan Lomba dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan Nasional ke-78

 

Palangka Raya – Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Bayu Permana, hadiri acara Penutupan Lomba Vocal Solo Lagu-lagu Perjuangan dan Lomba Domino dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan Nasional ke-78, bertempat di Gedung Juang Jl. Seth Adji ,Palangka Raya Kalimanran Tengah. Rabu( 15/11)

Kegiatan lomba ini terselenggara swadaya oleh Gerdayak Indonesia dan Hipakad Kalimantan Tengah, dan bertujuan untuk Generasi penerus dapat mengadopsi dan menambah nilai-nilai spiritual para Pahlawan melalui keberanian dan keyakinan melawan musuh hanya dengan Bambu runcing, perolehan domino dan lomba lagu-lagu perjuangan dapat berjalan dengan lancar dan didalam lagu-lagu itu tersirat spirit dan tekad serta bagaimana para pejuang kita dengan masyarakat berjuang membela bangsa dan negara. Sekarang kita merasakan betul hasil perjuangan para Pahlawan dan kita juga harus tau cara menghargai para pahlawan.

Dalam sambutanya, Danrem 102/Pjg mengatakan setiap tahun Rakyat Indonesia merayakan hari pahlawan atau hari nasional seperti hari kemerdekaan, pada hari perayaan kemerdekaan yang dilaksanakan Rakyat Indonesia tersebut tidak bisa dilepas dari perjuangan para pahlawan Nasional, Para Pejuang Indonesia melakukan perlawanan terhadap para penjajah dengan gigih tanpa menyerah, Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan diri sendiri. Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang, Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora.

Pada era sekarang ini, Bangsa Indonesia sangat membutuhkan suatu terobosan yang mampu menyatukan emosi kebangsaan menjadi emosi kolektif dalam mewujudkan ketahanan nasional, Salah satu wujud nyata ketahanan Nasional adalah memiliki jiwa bela Negara dan cinta Tanah air, karena ini merupakan nilai karakter Bangsa Indonesia yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 khususnya pada generasi penerus. Namun, nilai-nilai karakter kebangsaan di tengah-tengah masyarakat Indonesia terbukti semakin luntur, Hal itu ditandai dengan maraknya peristiwa yang mengindikasi-kan adanya sikap seperti tawuran di kalangan pelajar, premanisme dan sikap kurang menghargai budaya asli Indonesia, Semuanya mengindikasikan perlunya pembinaan dan perhatian khusus dalam pembentukan karakter pada generasi muda saat ini.

Untuk itu, kepada para peserta saya berpesan hendaknya senantiasa meningkatkan semangat kepahlawanan dalam diri masing-masing, tanamkan disiplin yang tinggi dan semangat juang yang tinggi guna meraih masa depan yang cerah, sebagaimana yang dilakukan oleh para pejuang pendahulu kita dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan seperti yang kita rasakan sekarang ini. Lomba Vocal Solo lagu-lagu perjuangan dan lomba Domino dalam rangka peringatan hari pahlawan ke-78 tahun 2023 yang dilaksanakan ini merupakan wadah untuk mewujudkan sumber daya manusia yang cerdas dan patriotik serta bertanggung jawab kepada Bangsa dan Negara, yang berjiwa Pancasila berpedoman pada UUD 1945 serta setia dan patuh kepada NKRI sesuai sesanti Bhineka Tunggal Ika.

Hadir pada acara tersebut, Danrem 102/Pjg, Brigjen TNI Bayu Permana, Ketua Umum DPP Gerdayak Indonesia Kalimantan Tengah, Bpk. Drs. Yansen Binti, MBA., Ketua DPD Hipakad Kalimantan Tengah, Bpk. Drs. H. Sapto Nugroho HW, MM., Ketua Panitia Satgas Peringatan Hari Pahlawan, Bpk. Johny Rompas, Perwakilan DAD, Bpk. Jimmy O Andin, Mewakili Kesbangpol Prov. Kalteng Ibu Nova, Mewakili Polresta Palangka Raya Iptu Untung, Lurah Langkai Ibu Sriwanti, SE., Babinsa Kel. Langkai Serma Ilham, Bhabinkamtibmas Kel Langkai Aipda Van Royen, Bpk. Thoseng T Asang serta Anggota Satgas Hipakad, Para Finalis Lomba, Panitia, Dewan Juri dan undangan dengan jumlah hadir ± 150 Orang.

Related posts