Lanal Cilacap Bersama Disjarahal, Telusuri Sejarah ALRI Di Karangbolong NusaKambangan

 

Pangkalan TNI AL (Lanal) Cilacap bersama Dinas Sejarah Angkatan Laut (Disjarahal) melaksanakan penelusuran sejarah Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) di Benteng Karangbolong Nusakambangan Cilacap. Sabtu (11/11/2023).

Penelusuran yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Sejarah Angkatan Laut (Kadisjarahal) Laksamana Pertama TNI Dr. Haryo Poernomo, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., M.Han tersebut melibatkan Tjilatjap History, BKSDA, Dinas Kehutanan Pulau Nusakambangan dan Basaranas.

Seperti yang disampaikan Kasdisjarahal saat menjawab pertanyaan media bahwa penelusuran ini sangat luar bisa, khususnya sejarah – sejarah ALRI
yang pada era tersebut kita melaksanakan pertempuran – pertempuran heroik dalam rangka menjaga mempertahankan negara dan bangsa ini.

“Harapan kami para generasi muda tetap menjaga sejarah kita dan tahu apa itu sejarah kita, karena sejarah masa lalu yang terjadi selanjutnya akan menjadi masa kini, masa kini akan menjadi sejarah dimasa depan,”harapnya.

Ia juga mengungkapkan Disjarahal mempunyai tugas menjaga sejarah agar tetap terjaga dan menjadi bahan kedepannya bagi generasi-generasi kita dalam menjaga negara dan bangsa.

“Sudah kami sampaikan kepada PJ Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar, beberapa hal terkait pentingnya mengangkat sejarah di Cilacap khususnya sejarah ALRI,”jelasnya.

Sebagai ungkapan terima kasih atas kepedulian terhadap sejarah Cilacap, diserahkan Plakat dan Buku Disjarahal serta Artefak Anumisi dari Lanal Cilacap kepada Tjilatjap History.

Related posts