Antusias Guru SD Se-Kecamatan Moa Menyongsong HUT PGRI Ke-78

 

Pelopor Wiratama MBD : Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Barat Daya menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan menyongsong HUT PGRI Ke 78 25 November 2023 Kecamatan Moa bertempat di Desa Klis Kamis (9/11/2023) Pukul 16.00 WIT.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Barat Daya Roberth Yapeki, S. Pdk., M. Pd, Kapolsek Pulau Moa, Kepala Sekolah Dasar se-Kecamatan Moa, Ketua Majelis Jemaat GPM Klis, Dewan Guru Se-Kecamatan Moa.

Mengawali sambutannya kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maluku Barat Daya
Roberth Yapeki, S. Pdk., M. Pd mengatakan, kurikulum merdeka belajar pada prinsipnya berbasis pada pengalaman siswa sehari-hari. Lalu, pengalaman itu dimaknai siswa sebagai pembelajaran.

“Semuanya harus bergerak bersama menuju generasi emas, Sekolahnya, Orangtuanya, Desanya, Bupatinya, Kepala Dinasnya, DPRD nya semuanya sampai ke Masyarakatnya. Harus bergerak semuanya agar roda perubahan melalui pendidikan melaju cepat,” imbuhnya.

Harapan kami dengan peringatan HUT ke-78 PGRI tahun 2023, dapat berkontribusi dalam mewujudkan guru yang profesional dalam rangka peningkatan layanan pendidikan yang bermutu menuju SDM (Sumber Daya Manusia) Indonesia unggul, hususnya masyarakat Kabupaten Maluku Barat Daya. Diharapkan dapat menjadi acuan bagi seluruh pengurus dan anggota PGRI disemua tingkatan.

Tidak hanya itu Yapeki mengatakan salah satu tujuan kegiatan HUT PGRI adalah meningkatkan kreatifitas dan dedikasi guru dalam menjalankan tugas profesionalnya mempersiapkan SDM sebagai basis terwujudnya generasi penerus anak bangsa Indonesia kedepan lebih baik. Disamping itu memperkokoh solidaritas dan kesetiakawanan anggota serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dan anggota PGRI sebagai organisasi profesi guru di Indobesia.

Dikatakannya, betapa pentingnya peranan guru dalam pembangunan dan peradaban sebuah bangsa. Peringatan HUT PGRI tahun 2023 dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena prioritas utama adalah bagaimana PGRI disemua tingkatan dapat berperan agar anak-anak didik tetap memperoleh layanan pendidikan dengan baik.

“Adapun rangkaian peringatan dalam rangka HUT ke-75 PGRI tahun ini. Maka pada peringatan ini PGRI mengusung tema, “Transformasi Guru, Wujudkan Indonesia Maju”, ucap Yapeki.

Sementara keterangan dari Ketua Panitia pelaksana Forbes Tipak, S. Pd, menyampaikan terkait kegiatan menyongsong HUT PGRI Ke-78 kami punya dasar hukum, Keputusan Kepala Sekolah yang dituangkan dalam program K3S kecamatan Moa,”Kata Tipak.

Ditambahkan Tipak Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kreativitas pada semua peserta didik tetapi juga untuk guru.
Tipak membeberkan dalam kegiatan ini ada 3 mata lomba yang dilombakan antara lain.
Pertama Pertandingan Futsal terdiri dari 17 Club yang bertanding hari ini dan berakhir pada tanggal 14 November 2023.
Kedua, Senam terdiri dari 17 peserta yang akan mulai berlomba Pada tanggal 11 November 2023.
Ketiga, lomba pidato yang terdiri dari 17 sekolah peserta yang mengikuti lomba tersebut adalah guru.

Kegiatan ini lebih lagi mengenang para pahlawan terlebih khusus di dunia pendidikan tetapi juga mempererat tali persaudaraan kita antara guru dengan siswa, guru dengan orang tua”Imbuhnya.

Ia berharap kedepannya anak-anak ini bisa menjadi generasi muda yang memiliki kemampuan untuk bersaing di bidang olahraga serta memiliki kreativitas”Pungkas Tipak. (***EW19)

Related posts