SD Negeri Tiakur Gelar Monev Sekolah Penggerak

Pelopor Wiratama MBD: Sekolah Dasar Negeri Tiakur (SD) Menggelar Kegiatan Monev Sekolah Penggerak Angkatan 3 Kabupaten Maluku Barat Daya bertempat di SD Negeri Tiakur. Selasa, (7/11/2023) Pukul 14.00 WIT.

Kali ini, SD Negeri Tiakur dipercayakan menjadi tuan rumah pelaksana. Acara pembukaan berlangsung selasa siang , dibuka secara resmi oleh Kepala SD Negeri Tiakur Tabita Tiau/S, S. Pd

Turut hadir dalam Kegiatan ini Kepala SD Negeri Tiakur, Fasilitator Sekolah penggerak Angkatan 3 Universitas Darussalam Ambon Kasliyanto,
Korwil Kecamatan Moa Sandra. Lewerissa, SE,
Kaur Kurikulum R. Maromon, serta Dewan guru.

“Alhamdulillah bisa berkunjung dan melakukan monev di salah satu sekolah terbaik di Kota Tiakur Kota adat dan budaya Kabupaten Maluku Barat Daya ” Kata Kasliyanto Fasilitator.

Kegiatan monev dilakukan dengan berdiskusi mendalam dengan Kepala sekolah, wakasek dan dewan guru serta melakukan observasi kelas untuk melihat secara langsung aktivitas Belajar Mengajar.

Fasilitator juga melakukan kegiatan diskusi intens dengan para guru terkait kelebihan dan kelemahan dalam penerapan program sekolah penggerak.

Menurutnya Kasliyanto “guru harus peka dan siap dengan perubahan-perubahan terkait implementasi sekolah penggerak, berkaitan dengan kendala di awal yang dihadapi, merupakan hal biasa dan wajar sehingga guru di tuntut untuk mampu beradaptasi dengan perubahan yang ada”Ungkapnya.

Diharapkan melalui kegiatan monitoring dan evaluasi dapat meningkatkan implementasi kurikulum merdeka belajar secara maksimal melalui sekolah penggerak.

Kasliyanto menambahkan Kegiatan monitoring dan evaluasi memiliki tujuan untuk mengecek progres implementasi kurikulum Merdeka, perangkat pembelajaran, yang sudah di buat kurang lebih empat bulan yang diterapkan di SD Negeri Tiakur
Memperbaiki kendala yang terjadi dilapangan sehingga dari masukan yang diberikan akan menjadi bahan perbaikan untuk penyempurnaan,”Imbuhnya.

Ia membeberkan SD Negeri Tiakur adalah salah sekolah yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai sekolah penggerak menjadi model bagi sekolah yang lain di Kabupaten Maluku Barat Daya”Ucap Kasliyanto saat di tanya Wartawan.

“terima kasih Ibu Ita pihak SD Negeri Tiakur telah menyediakan tempat yang nyaman, sekolah yang nyaman, untuk memfasilitasi pertemuan hari ini, harapannya setelah kegiatan ini nanti memberikan pencerahan bagi kita semua dalam melaksanakan program sekolah penggerak” ujarnya.

Saat ini pendidikan sedang mengalami transformasi sehingga dengan program sekolah penggerak dan kurikulum baru sebagai bagian upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia yang lebih maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila,”Jelasnya.

Sementara Kepala SD Negeri Tiakur dalam arahannya mengucapkan terima kasih kepada Fasilitator Sekolah penggerak Angkatan 3 seluruh dewan guru yang sudah datang mengikuti kegiatan di hari ini.

“Harapan dengan kondisi yang sangat terbatas akan senantiasa menjalankan program Kurikulum Merdeka dengan maksimal dan motivasi dari berbagai kepentingan,”Ujar Tiau

Mengakhiri arahannya, atas nama pribadi dan Pimpinan di lembaga ini mengucapkan terima kasih kepada Fasilitator Sekolah penggerak Angkatan 3 Universitas Darussalam Ambon yang telah hadir, membantu melengkapi setiap kekurangan kami, motivasi, masukan kedepan untuk diperbaiki kerena, kekurangan adalah milik kita bersama,”Ucap Tiau.

Ia berharap agar Program Sekolah Penggerak akan memberi dampak kemajuan terhadap pendidikan terutama di SD Negeri Tiakur ini,”Pungkasnya. (***EW19)

Related posts