Di Hari Keempat, Prajurit Jajaran Pasmar 2 Berlatih Cara Pemrograman HT Hytera Dan Mendirikan Repeater.

(Surabaya) PW,- TNI AL, Kormar, 08 Desember 2022. Menindak lanjuti perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono tentang membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman, Batalyon Komunikasi dan Elektronika 2 Marinir (Yonkomlek 2 Mar) melaksanakan penyegaran pengawak alat komunikasi jajaran Pasmar 2 Tahun 2022 di Karangpilang, Surabaya.

Di Hari keempat ini instruktur Sertu Marinir Suwandiantoro memberi materi kepada para pengawak komunikasi satuan Pasmar 2 tentang pemrograman HT Hytera, pemrograman BTS ( Base Station ) dan pendirian repeater Hytera.

Dalam kegiatan kali ini para pengawak komunikasi satuan sangat antusias untuk mencoba langsung cara memprogram HT Hytera agar bisa digunakan jarak jauh. “Kali ini saya akan menguji para pengawak satuan untuk mempraktekkan pemrograman trunking HT Hytera, agar nantinya mereka siap jika alkom datang di satuan2 mereka semua” pungkas Sertu Marinir Suwandiantoro.

Radio Hytera ini merupakan alat komunikasi Non militer yang dimiliki Korps Marinir khususnya Yonkomlek 2 Mar masa kini, alat komunikasi ini juga mempunyai karakteristik dan fitur lebih canggih, yang mampu meningkatkan produktivitas bagi usernya yang tidak terdapat pada radio HT UHF generasi sebelumnya.

Komandan Batalyon Komunikasi dan Elektronika 2 Marinir (Danyonkomlek 2 Mar) Letkol Marinir Mohammad Wawan Abidin M. Tr. Opsla mengatakan “bahwa tuntutan ke depan mengacu kepada perang Ukraina-Rusia seluruh prajurit harus mampu menguasai teknologi, bukan hanya satuan-satuan pendukung saja tapi seluruhnya, untuk itu satuan atas mempercayakan kita untuk mengasah ilmu tentang radio UHF kepada para pengawak alat komunikasi di tiap-tiap satuan” ujarnya.

Warta Buana Yudha

Related posts