Prajurit Resimen Kavaleri 2 Marinir Peringati Kesaktian Pancasila

 

TNI Angkatan Laut, Dispen Kormar (Surabaya). Dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila dan mengenang perjuangan para pahlawan. Perwira, Bintara dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Resimen Kavaleri 2 Marinir melaksanakan upacara Kesaktian Pancasila di lapangan apel Mako Menkav 2 Mar, Kesatrian Marinir Soepraptono, Semarung, Ujung Surabaya. Selasa (01/10/2024).

Upacara dipimpin oleh Perwira Staf Operasi (Pasops) Perwira Staf Operasi (Pasops) Menkav 2 Mar Letkol Mar Jumarlang, M.Tr.Hanla. sebagai Inspektur upacara (Irup), mewakili Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir (Danmenkav 2 Mar) Kolonel Mar La Ode Jimmy Herizal Rahman, M.Tr.Hanla., M.M. dan selaku Komandan upacara (Danup) Lettu Mar Buyung Haryanto.

Pada rangkaian upacara juga dilaksanakan pembacaan naskah Pancasila oleh Irup, membacakan naskah pembukaan UUD 1945 dan membacakan ikrar oleh perwakilan prajurit dari satuan.

Bahwa ditetapkan, setiap tanggal 1 Oktober, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh Presiden ke-2 RI Soeharto setelah peristiwa G30S/PKI pada 1965.

Pancasila dirumuskan oleh Presiden pertama Sukarno. Nilai-nilai Pancasila digali Bung Karno dari kehidupan masyarakat Indonesia.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengingatkan Pancasila sebagai dasar negara berdiri teguh dari berbagai upaya yang dilakukan untuk menjatuhkannya. Peringatan ini juga sebagai tanda penghormatan pada para pahlawan yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI.

Related posts