Sinergi KPU dan Forkopimda Demi Pilkada Sukses

 

Tiakur, Pelopor Wiratama – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengadakan rapat koordinasi terkait pelaksanaan tahapan Pilkada dan persiapan logistik Pilkada serentak 2024. Rapat tersebut berlangsung di Gedung Serbaguna Tiakur pada Kamis,(19/9/2024), dan dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan di daerah.

Ketua KPU MBD, Yoma E. D. Naskay, dalam sambutannya menegaskan pentingnya sinergitas antara KPU dan seluruh pemangku kepentingan untuk memastikan kelancaran penyelenggaraan Pilkada.

“Sebagai lembaga yang diamanatkan undang-undang untuk menyelenggarakan pemilu, KPU tidak bisa bekerja sendiri. Ini adalah tanggung jawab besar yang akan menentukan masa depan bangsa dan daerah kita,” ungkap Naskay.

Ia menekankan bahwa koordinasi yang solid antara KPU, pemerintah daerah, TNI, Polri, dan seluruh pemangku kepentingan, dari tingkat kabupaten hingga desa, sangat penting.

“Pilkada bukan sekadar memilih pemimpin, tetapi juga mengukuhkan komitmen kita pada nilai-nilai persatuan dalam suasana damai sebagai sesama orang basudara di bumi Maluku Barat Daya,” tambahnya.

Dalam rapat tersebut, Naskay juga memaparkan tahapan-tahapan Pilkada yang sedang berlangsung, seperti pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dimulai sejak 17 September 2024, penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), penetapan pasangan calon, pengundian nomor urut pasangan calon, serta kampanye dan dana kampanye. Ia juga menekankan pentingnya persiapan logistik, yang termasuk dalam 68 hari menuju pemungutan suara pada 27 November 2024.

Rapat koordinasi ini, menurut Naskay, bertujuan menyatukan visi dan langkah strategis untuk memastikan pelaksanaan tahapan Pilkada dapat berjalan sukses, aman, damai, dan kondusif.

“Kami mohon dukungan dari semua pihak untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada Serentak 2024 ini,” katanya.

Acara ini ditandai dengan pemukulan tifa oleh Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Th. Noach, bersama Ketua KPU MBD, Wakil Bupati MBD Agustinus Lekwarday Kilikily, bersama Wakapolres MBD Kompol Djesi Batara, dan Komisioner KPU sebagai simbol dibukanya rapat. Bupati Benyamin turut memberikan dukungan penuh terhadap kerja sama antara KPU dan Forkopimda dalam menyukseskan Pilkada serentak tersebut.

Rapat ini dihadiri oleh berbagai pihak, antara lain Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Th. Noach, Wakil Bupati Agustinus Lekwarday Kilikily, Kasi BPA Ahmad Lutfi, Wakapolres MBD Kompol. Djesi Batara, Pasi Intel Kodim 1511/Pulau Moa Kapten Cke Jufri Said, Anggota Komisioner KPU, Komisioner Bawaslu MBD, Danki Kompi 4 Batalyon C Pelopor AKP Bernabas Hawu haba, Pabung TNI AL/AU, Rohaniwan Pendeta E. M. Salakay, Asisten Bupati, Para Staf Ahli Bupati, Camat Se Kabupaten MBD, serta sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi vertikal, BUMN, BUMD, dan tamu undangan lainnya.

Rapat koordinasi ini menjadi momentum penting dalam memastikan kesiapan seluruh pihak dalam menghadapi Pilkada serentak di Maluku Barat Daya. (PW. 19)

Related posts