Pilkada 2024, Dengan Melibatkan Masyarakat Petani, IPJI Gandeng KPU Ciamis Gelar Sosialisasi

 

CIAMIS, JABAR – PW.Dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat pada Pilkada Serentak 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ciamis bekerjasama dengan Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Kabupaten Ciamis menggelar sosialisasi kepada masyarakat.

Dengan tema “Ayo Datang ke TPS Rabu 27 November 2024, Gunakan Hak Pilih Anda”, acara tersebut diikuti oleh puluhan orang sebagai peserta, terdiri dari para petani yang berasal dari dua Kecamatan yaitu Kecamatan Panjalu dan Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis.

Ketua Penyelenggara, Abraham menyatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kepemiluan, terutama menjelang Pilkada 2024.

“Ini adalah upaya kami untuk memastikan masyarakat memahami pentingnya hak pilih mereka pada 27 November mendatang,” ujarnya, di Balai Restorative Justice, Desa Panjalu, Selasa (10/09/2024).

Abraham juga menambahkan bahwa konsep acara yang mengusung wisata bertujuan untuk menciptakan suasana yang akrab di antara para peserta. Ia juga berharap adanya sosialisasi ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat di dua Kecamatan dalam Pilkada Ciamis tahun 2024.

“Semoga tingkat partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS lebih meningkat,” harapnya.

Sementara Kang Rifa’i Ketua IPJI Ciamis, menyampaikan terima kasih kepada komisioner KPU Ciamis, para narasumber dan para peserta yang telah berpartisipas dalam mensukseskan kegiatan sosialisasi.

“Dilaksanakannya sosialisasi di Objek Wisata Panjalu karena daerah tersebut memiliki potensi luar biasa husus di bidang Pariwisata, dengan suasana yang Sejuk Nyaman dan Asri, sosialisasi ini dapat tersampaikan dan terserap oleh masyarakat,” jelasnya.

Ia berharap partisipasi pemilih di Kabupaten Ciamis dapat meningkat pada Pilkada 2024.

Dengan melibatkan para peserta yang kesehariannya sebagai petani, diharapkan yang hadir dapat memberikan informasi kembali kepada keluarga, saudara, kerabat dan masyarakat lainnya, akan pentingnya partisipasi dalam pelaksanaan Pilkada 2024.

Lanjut Rifa, Kabupaten Ciamis yang terdiri dari 258 Desa, 7 kelurahan, dan 27 Kecamatan, masyarakatnya mayoritas adalah para petani, diharapkan dengan kegiatan sosialisasi ini pelaksanaan Pilkada 2024 dapat mencapai partisipasi pemilih hingga 80%.

“Melalui sosialisasi ini, masyarakat semakin peduli terhadap hajat demokrasi lima tahunan yang akan berlangsung dibulan November 2024,” ujarnya.

“Dengan melibatkan masyarakat dari unsur petani kegiatan sosialisas ini, mereka dapat menjadi duta kepada masyarakat lainnya untuk menyampaikan informasi terkait pelaksanaan Pilkada yang akan digelar pada 27 November 2024,” pungkasnya.

Sementara itu, Irwan Sekretaris Kecamatan Panjalu mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap adanya sosialisasi ini dapat memberikan manfaat yang luas, khususnya dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di Kecamatan Panjalu dan Kecamatan Sukamantri dan secara umum di Kabupaten Ciamis.

“Dengan kegiatan sosialisasi yang melibatkan berbagai elemen masyarakat, diharapkan Pilkada 2024 akan menjadi momentum peningkatan kesadaran demokrasi di Kabupaten Ciamis,” pungkasnya.

Diketahui bahwa dalam kegiatan tersebut hadir Anggota KPU Ciamis Kordiv Teknis dan Penyelenggara Muharam Kurnia Drajat, Unsur Forkopimcam Panjalu, Sekmat Kecamatan Panjalu, Perwakilan Kapolsek, Perwakilan Danramil 1306/Panjalu, Endin Lidinillah, Sekdes Desa Panjalu dan puluhan orang sebagai peserta serta pengurus dan anggota DPC IPJI Ciamis.
Dalam sosialisasi pihak panitia menghadirkan tiga narasumber yaitu dari Akademisi, KPU Ciamis dan unsur Media.
Selama kegiatan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.***

Jurnalis: Adyluhung

Related posts