PERTAMA KALI DALAM SEJARAH, HUT TNI AL KE-79 DILAKSANAKAN DI ATAS KAPAL PERANG

 

Jalesveva Jayamahe
Jakarta, 10 September 2024,——Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 TNI AL yang jatuh pada setiap tanggal 10 September dipusatkan di Jakarta dipimpin langsung Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali bertempat di Geladak Heli KRI dr. Widyodiningrat-992 yang berlayar di Teluk Jakarta. Selasa (10/09).

Sebanyak 38 KRI dikerahkan TNI AL dalam peringatan ulang tahunnya yang ke-79 tahun ini untuk melaksanakan Sailling Pass. Mulai dari Kapal perang tipe Multi Role Light Frigate (MLRF), PKR, SIGMA, Kapal Layar Legendaris KRI Dewa Ruci, Combat Boat, KRI kelas Landing Platform Dock (LPD), 26 Pesud dari Pusat Penerbangan TNI AL, hingga Alutsista Strategis kekuatan bawah air Kapal Selam TNI AL. Selain Alutsista milik TNI AL, kegiatan Sailing Pass ini juga akan diikuti oleh kapal-kapal dari Polairud, KKP, Bea Cukai, Bakamla, Basarnas, KPLP dan Kapal Ikan Indonesia (KII).

Peringatan HUT ke-79 TNI AL tahun ini mengusung tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju” ditampilkan berbagai demonstrasi yang dipersembahkan oleh para prajurit TNI AL. Demo yang ditampilkan diantaranya adalah atraksi udara dari Tim Rajawali Laut Flight (RaLF) Puspenerbal, serta Flying Pass dari unsur Kapal Perang, Helikopter dan Pesawat Udara milik TNI AL.

Pada demonstrasi Pasukan Khusus TNI AL, mengerahkan sekitar 200 prajurit yang terdiri dari personel Pasukan Elit dari satuan Detasemen Jalamangkara, Komando Pasukan Katak, serta Batalyon Intai Amfibi Korps Marinir, dengan didukung dua unit unsur udara Cassa 212 dari Pusat Penerbangan TNI AL.

Dalam amanatnya, Panglima TNI mengatakan bahwa Upacara hari jadi ke-79 TNI AL tahun 2024 ini menjadi sangat istimewa. Momentum bersejarah ini melambangkan tranformasi organisasi TNI AL menuju organisasi yang semakin modern dan mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan strategis yang dinamis.

Selain Panglima TNI, Kasal turut menyebutkan bahwa pelaksanaan HUT TNI AL kali ini memiliki perbedaan dengan yang telah dilaksanakan sebelumnya, biasanya HUT TNI AL yang ditampilkan di Pangkalan, kini digelar di atas kapal perang yang sedang berlayar.

“Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut yang ke-79 di tahun 2024 ini dan upacara kali ini diadakan sedikit beda beda dengan yang lainnya yaitu digelar di laut tepatnya di Teluk Jakarta dimana atraksi yang ditampilkan oleh Prajurit TNI AL di laut merupakan modal untuk ditampilkan kembali pada perayaan HUT TNI 5 Oktober di Monas nanti”, Ujar Kasal

HUT TNI AL tahun ini juga dihadiri oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kasau Marsekal TNI Mohamad Tony Harjono, para Kasal dari masa ke masa, para Pejabat Utama Mabes TNI, para Pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama TNI AL, para Pejabat Kementerian/Lembaga, Forkopimda DKI Jakarta, Ketua Umum Jalasenastri beserta pengurus, Mitra Kemaritiman dan sejumlah masyarakat yang ikut serta berlayar di atas KRI Banda Aceh-593.

Dalam kegiatan tersebut juga ditampilkan acara tambahan yaitu pemberian penghargaan terhadap KRI Teladan Tahun 2024 yang diraih oleh KRI Sultan Iskandar Muda-367, Satuan Kapal Eskorta Koarmada II. Bama dan Tamtama Teladan, Prestasi Olahraga Internasional dan Lanal berprestasi diantaranya Lanal Kelas B yaitu Pangkalan TNI AL Dumai, Lanal Kelas C yaitu Pangkalan TNI AL Nunukan. Adapun Lanudal Teladan Tahun 2024 di raih oleh Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut Biak. Sedangkan Batalyon Marinir Teladan Tahun 2024 diraih oleh Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan III, Jakarta.

Selain itu penghargaan juga dianugerahkan kepada Dosen berprestasi serta Prajurit TNI AL berprestasi yang berhasil menggagalkan berbagai tindak kejahatan di laut, diantaranya Prajurit Lanal Nunukan, Prajurit Lanal Tanjung Balai Asahan, Prajurit Lanal Nabire dan Prajurit Lanal Dumai.

Serangkaian kegiatan juga telah dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT Ke-79 TNI AL di tahun 2024. Mulai dari pelaksanaan tabur bunga mengenang pertempuran laut, bakti sosial, donor darah, pengobatan gratis, pemecahan rekor MURI Kunjungan Wisata Serentak di Pangkalan TNI AL Terbanyak dan Makan Siang Serentak di Pangkalan TNI AL dengan peserta terbanyak yang mencapai hingga 61.735 peserta yang merupakan anak-anak usia dini, dimana kedua rekor MURI tersebut akan diserahkan oleh Ketua Rekor MURI Bapak Jaya Suprana kepada Kasal setelah pelaksanaan Upacara.

Related posts