KASAL TERIMA COURTESY CALL DUTA BESAR FEDERASI RUSIA UNTUK INDONESIA DI CILANGKAP

 

Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 9 September 2024 — Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali didampingi Wakasal Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma menerima courtesy call Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Federasi Rusia untuk Republik Indonesia Rusia H.E. Mr. Sergei Gennadievich Tolchenov bertempat di Admiral Room, Gedung Utama Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur. Senin (09/09).

Kedatangan Dubes Rusia beserta delegasi disambut hangat oleh Kasal beserta jajaran Pejabat Utama Mabesal. Kasal mengucapkan selamat datang di Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta dan ucapan selamat sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Federasi Rusia untuk Indonesia yang baru kepada H.E. Mr. Sergei Gennadievich Tolchenov.

Negara Federasi Rusia merupakan salah satu negara yang mempunyai Angkatan Laut terkuat dan terbesar di dunia. Industri pertahanan sangat maju dan canggih, masih merupakan salah satu alternatif untuk diversifikasi sumber alutsista TNI AL.

Agenda utama dalam pertemuan tersebut diantaranya membahas kerja sama di bidang pertahanan, ketahanan pangan dan energi, pendidikan, serta rencana beasiswa bagi pelajar Indonesia untuk belajar di Rusia. Peningkatan kolaborasi dalam pemanfaatan energi nuklir dan pengembangan pariwisata.

Salah satu pembahasannya yaitu TNI AL menyampaikan apresiasi atas peran aktif Angkatan Laut Rusia/ The Russian Navy yang telah menyatakan akan berpartisipasi kembali dalam kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK), International Fleet Review (IFR) dan International Maritime Security Symposium (IMSS) pada Februari 2025 di Bali. Hal ini merupakan sikap positif Rusia untuk meningkatkan hubungan kerja sama dengan TNI AL.

“Saya sangat berharap pertemuan ini menjadi yang paling menyenangkan dan bermanfaat bagi kita semua serta generasi yang akan datang dan dari pertemuan ini hubungan kedua negara khususnya angkatan bersenjata, terutama angkatan laut kedua negara, akan meningkat dengan baik di masa depan,” pungkas Kasal.

Related posts