WADAN KORMAR TINJAU AMPHIBIOUS OPERATION, MEDCAP DAN ENCAP LATGABMA SGS

 

*Dispen Kormar TNI Angkatan Laut (Situbondo)*. Wakil Komandan Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Suherlan mewakili Dankormar Mayjen TNI (Mar) Dr. Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., mendampingi Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia (Dankodiklat TNI) Laksamana Madya TNI Maman Firmansyah, S.E., meninjau Amphibious Operation, serta kegiatan bhakti sosial _Medical Civic Action Project (MEDCAP) dan Engineering Civic Action Project (ENCAP)_ di Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 5 Baluran, Situbondo dan sekitarnya. Kamis (05/09/2024).

Dalam peninjauannya tersebut Wadan Kormar bersama Dankodiklat TNI yang juga didampingi Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Muhammad Nadir, M.Tr., Opsla., dan Colonel Paul Haywarz dari US Army menyaksikan Prajurit Petarung Korps Marinir bersama dengan _USMC, Singapore Army, dan Japan Ground Self Defens Force (JGSDF)_ melaksanakan Pendaratan Amfibi dari KRI Makasar-590 pada Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) tahun 2024.

Pendaratan Amfibi yang dilakukan prajurit Korps Marinir tersebut untuk merebut pantai pendaratan yang dikuasai oleh musuh pada skenario Latgabma _Super Garuda Shield (SGS)_ tahun 2024, yang diawali dengan Taklimat Pangkogasgabfib untuk melaksanakan Serbuan Amfibi di pantai Banongan yang telah dikuasai oleh musuh.

Pada latihan kali ini melibatkan unsur kekuatan personel gabungan dari negara Indonesia, Amerika, Jepang, dan Singapura, dengan menggunakan kendaraan tempur serta kendaraan taktis dari Marinir Indonesia dan negara yang terlibat yang diturunkan dari Kapal Republik Indonesia (KRI) Makasar-590, Tank BMP-3F, Tank LVT-7 A1 dan Bell Boing Osprey V-22, juga dilaksanakan Military Free Fall, Bakti Sosial yang terdiri dari pemberian bantuan sembako dan pengobatan umum, serta mengunjungi SDN 02 Palagan yang direnovasi melalui Engineering Civic Action Program (Encap).

Turut hadir mendampingi Wadan Kormar, Asintel Dankormar Kolonel Marinir Teguh Santoso, S.E., Aslog Dankormar Kolonel Marinir Akhiyar Meideri, S.E., M.M., M.Han., Asops Dankormar Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E., M.M., Dankolatmar Kolonel Marinir Dede Harsana, S.A.P., M.Han., Danlanmar Surabaya Kolonel Marinir A. A. Gede Agung Jayaputra, S.E., CHRMP., Danpuslatsus Kolatmar Mayor Marinir Empri Airudin dan Danpuslatpurmar 5 Baluran Mayor Marinir Iskandar Muda Tanjung.

Related posts