Danpasmar 1 Ikuti Ziarah Nasional dan Tabur Bunga Jelang HUT ke 79 TNI AL

Jakarta, PW: TNI AL, Pasmar 1. Komandan Pasmar 1 (Danpasmar 1) Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, S.A.P., CHRMP., M.Tr.Opsla., M.Han., mewakili Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., hadir untuk mengikuti acara Ziarah Nasional dan Tabur Bunga dalam rangka HUT ke 79 TNI Angkatan Laut tahun 2024 di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (02/09/2024).

Sejarah TNI AL dimulai tanggal 10 September 1945, saat pemerintah Indonesia mendirikan Badan Keamanan Rakyat Laut (BKR Laut). BKR Laut dipelopori oleh pelaut-pelaut veteran Indonesia yang pernah bertugas di jajaran Koninklijke Marine (Angkatan Laut Kerajaan Belanda) pada masa penjajahan Belanda dan Kaigun pada masa pendudukan Jepang. Tanggal 10 September inilah yang selanjutnya diperingati sebagai hari jadi TNI Angkatan Laut Republik Indonesia.

Ziarah nasional dan tabur bunga merupakan momen penting untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan bangsa. Semangat dan perjuangan mereka menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus mengisi kemerdekaan dengan penuh tanggung jawab.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., mengawali kegiatan ini dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan, mengheningkan cipta mengenang jasa-jasa pahlawan serta dilanjutkan tabur bunga para prajurit TNI AL yang didahului peletakan karangan bunga di Tugu Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata.

Acara ziarah nasional dan tabur bunga diakhiri dengan pengisian buku tamu dan penghormatan terakhir di pintu keluar Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata.

Related posts