Dinas Pemuda dan Olahraga MBD Gelar Pelatihan Wirausaha Muda

 

Pelopor Wiratama – Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) mengadakan Pelatihan Wirausaha Muda Pemula yang berlangsung di Penginapan Golden Nusantara pada Kamis (4/7/2024). Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Forkopimda, staf ahli bupati, asisten, pimpinan OPD, narasumber, rohaniwan, dan para peserta.

Bupati Maluku Barat Daya, yang diwakili oleh Asisten 2 Sekretariat Daerah Joses Leunufna, dalam sambutannya mengingatkan pentingnya peran pemuda dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ia mengutip proklamator bangsa yang mengatakan, “Berikan saya 1000 orang tua niscaya akan ku cabut Semeru dari akarnya, berikan saya 10 pemuda niscaya akan ku guncang dunia.”ungkapnya.

Leunufna menekankan bahwa saat ini perjuangan melawan kemiskinan dan pengangguran menjadi tantangan besar, baik di Maluku Barat Daya maupun di berbagai wilayah Indonesia. Namun, ia mendorong para pemuda untuk melihat tantangan ini sebagai peluang untuk bersatu dan membangun Maluku Barat Daya yang adil, makmur, dan sejahtera.

Ia mengajak para pemuda untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dan arus informasi sebagai peluang untuk maju. Ia berharap para pemuda memiliki visi dan misi yang mampu melihat dan membuka peluang perubahan berkelanjutan untuk 10 hingga 30 tahun ke depan.

Leunufna juga menekankan pentingnya gotong royong lintas generasi dan sektor, yang didukung oleh Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan Perpres Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan. Implementasi koordinasi yang efektif diharapkan dapat menuju Indeks Pembangunan Pemuda yang lebih baik.

Ia menambahkan bahwa pembangunan pemuda adalah langkah penting untuk membangun daerah. Pelatihan wirausaha bagi pemula diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup mereka serta menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar.

Selain itu, Leunufna mengajak para wirausaha pemula untuk membantu meminimalisir impor bahan pangan dengan meningkatkan produksi lokal. Pemerintah daerah berkomitmen untuk mendukung para wirausaha dengan sumber daya yang ada dan membuka akses komunikasi seluas-luasnya untuk mengatasi masalah yang mungkin timbul.

Leunufna berharap para narasumber dapat berbagi pengalaman dan ilmu sebanyak-banyaknya, dan para peserta pelatihan dapat menyerap ilmu dengan pikiran terbuka untuk masa depan yang lebih baik. Ia menutup sambutannya dengan mengucapkan selamat berlatih dan tetap bersemangat dalam membangun daerah Maluku Barat Daya.”pungkasnya. (PW.19)

Related posts