Pilkada Ciamis 2024: Diusung 7 Parpol, HY Tekankan Relawan dan Simpatisan Ikhtiar Maksimal Dalam Merebut Hati Masyarakat

 

Ciamis, Jabar — Pw.Tujuh partai besar di Kabupaten Ciamis dengan menamakan Koalisi Ciamis Maju (KCM) mendeklarasikan Pasangan Dr H Herdiat Sunarya dan H Yana D Putra (HY) sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis periode 2024-2029 untuk maju dalam Pilkada serentak Ciamis tahun 2024.

Deklarasi tersebut dihadiri ribuan masyarakat, simpatisan dan relawan Bumi Galuh bertempat di Gedung Islamic Center Ciamis, pada Jumat (28/06/2024).

Ketujuh parpol tersebut yaitu, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Parta Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Dalam deklarasi tersebut ,Naskah deklarasi dibacakan oleh Ketua KCM, Pipin Arip Apilin (Gerindra), dan dilanjut dengan penandatanganan oleh ketua dan sekertaris dari masing masing parpol pengusung H&Y.

Ketua Panitia Pelaksana sekaligus sebagai ketua TIM Pemenagan H&Y Dr. H Tatang dalam sambutannya menjelaskan, semua partai koalisi ada kesepakatan bersama sesuai surat rekomendasi yang dikeluarkan masing -masing DPP Partai pengusung untuk mengusung H&Y sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis priode 2024-2029 pada pilkada 2024.

“Rekomendasi DPP 7 Parpol mengusung H&Y sebagai bakal calon Bupati dan wakil Bupati Ciamis pada Pilkada 2024 sekaligus mengukuhkan Tim Pemenangan dan relwana Bumi Galuh Ciamis,” ungkap H.Tatang.

Lanjut H.Tatang, dari data yang masuk, ribuan simpatisan, para relawan dan gabungan parpol dan Relawan HY dari tiap kecamatan se- Kabupaten Ciamis hadir dan menyaksikan gelaran deklarasi 7. parpol.

“Ribuan relawan dari penjuru Kabupaten Ciamis, para simpatisan dan tujuh partai pengusung tumpah ruah mengahadiri dan menyaksikan dekarasi pasangan calon Bupati wakil Bupati Dr.H.Herdiat dan H Yana D Putra pada pilkada 2024,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut digelar orasi politik seperti yang disampaikan ketua DPC partai politik partai Golkar H.Slamet Triana mengatakan, yang tergabung dalam koalisi Ciamis Maju (KCM) ada tujuh partai pengusung, dengan penuh rasa syukur niat yang lurus dan Tekad yang bulat untuk mengantarkan Herdiat dan Yana sebagai Bupati dan Wakil Bupati Ciamis Priode 2024-2029.

“Hari ini Mendeklarasikan pasangan HY sebagai calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kabupaten Ciamis 2024-2029 pada Pilkada Ciamis tahun 2024.” kata H Trian.

Menurut H.Triana, hasil survei yang menunjukkan 86% bahwa HY masih disukai dan masih dikenal oleh masyarakat Ciamis.

Hal tersebut berdasarkan Survei independen Pola tracking Indonesia hasilnya 82% masyarakat tingkat kepuasan disaat HY memimpin Kabupaten Ciamis hasil pilkada 2019-2024.

Menurut Dia, tidak ada alasan buat Golkar dan Parpol pengusung lainya untuk tidak mendukung kembali Herdiat dan Yana D Putra pada pilkada 2024 sebagai calon Bupati, Wakil Bupati Ciamis Priode 2024-2029.

Diharapkan, setelah dekralasi ini, semua partai pengusung bisa solid dan bertekad untuk memenangkan dan meloloskan kembali H&Y sebagai Bupati dan Wakil Bupati hasil Pilkada 2024.

Kepada gabungan relawan yang ada dipenjuru Ciamis dibawah naungan partai pengusung dan relawan Bumi Galuh yang baru saja dilantik untuk bekerja dan bahu membahu dalam memenangkan Pilkada 2024, sehingga H&Y dapat menduduki kembali Bupati dan Wakil Bupati Ciamis yang ke Dua kalinya.

Sementara itu, dalam pidato orasi politiknya bakal calon Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya menyampaikan, selama menjabat sebagai Bupati dan Pa Yana sebagai Wakil Bupati Ciamis priode 2019-2024, saat itu kondisi kepemimpinannya berada ditengah pandemi Covid 19 mewabah bangsa ini, termasuk di Kabupaten Ciamis, kami sekuat tenaga bekerja keras untuk mengapai tujuan dari visi dan misi yang menjadi janji poltik HY.

Alhamdulillah selama kepemimpinannya, kami dapat menuntaskan tugas dan amanah yang diberikan oleh masyarakat dengan baik, kendati dirasakan belum sempurna.

Dia mencontohkan, Kami berbicara data bukan asal obrolan belaka atau pembenaran.Indek Desa Membangun (IDM) ketika HY dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati, yang kategori mandiri saat itu hanya 9 Desa, Desa maju ada 11 Desa, Desa berkembang 171 Desa, dan Desa tertinggal ada 11 Desa di Kabupaten Ciamis pada tahun 2019.

“Alhamdulillah saat ini, Desa mandiri di Kabupaten Ciamis usai masa jabatannya berakhir, ada 210 Desa berstatus Mandiri dan sisanya 48 Desa merupakan Desa maju, kita sudah berhasil menghilangkan Desa tertinggal dan Desa berkembang,” ucapnya.

Kata Dia, saat itu staus Kecamatan belum ada yang Mandiri semua Kecamatan Berkembang, kondisi saat ini 2024 Kecamatan yang mandiri sudah mencapai 24, dan Kabupaten Ciamis sudah termasuk kategori Kabupaten yang Mandiri.

“Bukan hanya di Desa yang meraih kategori Desa Mandiri, 24 Kecamatan Alhamdulillah sudah berstatus Mandiri bahkan status kabupaten Ciamis sudah Mandiri,” jelasnya.

Lanjut H.Herdiat, untuk angka pengangguran dan kemiskinan saat ini menurun angkanya, dan semua yang disampaikan seluruhnya berdasarkan data yang valid.

“Ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan partai koalisi, simpatisan dan seluruh relawan HY yang selalu memberikan support, juga kepada masyarakat Tatar Galuh Ciamis yang telah hadir dalam dekrasi ini, semoga pada bulan Novrmber nanti semua datang ke TPS dan mendukungnya,” harapnya.

Sementara itu calon Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra mengatakan, deklarasi yang dilaksanakan itu dijadikan momentum untuk meluruskan niat, menyatukan tekad, dan merapatkan barisan perjuangan bersama-sama untuk memenangkan hati rakyat Kabupaten Ciamis.

“Atas dukungan partai koalisi, simpatisan, relawan dan masyarakat Kabupaten Ciamis, ini dapat menjadikan motivasi untuk terus berjuang mempertahankan dan meningkatkan kemajuan yang telah dicapai,” tandasnya.***

Jurnalis: Fai/Adiluhung

Related posts