Pos TNI AL Puger Bersinergi Dengan RS Kaliwates Jember Gelar Khitanan Massal

 

Pos TNI AL (Posal) Puger bersinergi dengan Rumah Sakit Kaliwates Jember menyelenggarakan Khitanan Massal kepada masyarakat pesisir wilayah kerja Posal Puger bertempat di Kabupaten Jember dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Minggu (30/06/2024).

Khitanan massal merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun bekerjasama dengan Posal, dimana kegiatan ini dilaksanakan tanpa dipungut biaya yang difokuskan untuk membantu masyarakat kurang mampu dan anak yatim piatu di sekitar Posal Puger.

Kegiatan tersebut diikuti sejumlah 25 orang anak dari Kec. Puger dan 40 orang anak dari Kec. Yosowilangun, serta petugas tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Kaliwates berjumlah 8 orang dokter.

Khitan adalah proses pelepasan/pemotongan kulup atau kulit yang menyelubungi ujung penis. Khitan lebih utama dilakukan saat usia anak-anak, itu lebih utama karena memang lebih mudah dilakukan ketika masih anak-anak. Selain diwajibkan dari sisi syariat agama Islam, ternyata dari sisi medis banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh orang yang menjalani proses khitan.

Selain itu khitan juga dapat mengurangi risiko infeksi saluran kemih yang dapat merujuk pada masalah ginjal. Infeksi ini umumnya lebih sering terjadi pada orang yang tidak menjalani khitan.

Kegiatan diawali dengan Sholawatan yang dibawakan oleh Ustad Naslir, Doa yang dibawakan oleh Ustad Zainul Arifin, dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan, uang saku, dan sertifikat dari sejumlah perwakilan yang hadir dalam acara tersebut.

Pelaksanaan khitanan massal ini merupakan implementasi dari instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla kepada seluruh jajaran bahwa kehadiran TNI AL diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar.

Related posts