Dipimpin Menkopolhukam RI, Danlanud Sam Ratulangi Hadiri Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024

MAKASSAR, PW: Danlanud Sam Ratulangi Marsma TNI Ramot C.P. Sinaga, S.E., M.Han., menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Menkopolhukam RI) Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, S.I.P., di Hotel Claro Makassar, Sulawesi Selatan. Rabu (26 Juni 2024).

Rapat koordinasi ini dihadiri Mendagri RI Bapak Muhammad Tito Karnavian, Ketua KPU RI Bapak Hasyim Asy’ari, Kabaharkam Polri Komjen Pol Dr. Muhammad Fadil Imran, Pangkogabwilhan II Marsdya TNI M. Khairil Lubis, Ketua Bawaslu RI Bapak Rahmat Bahagia, Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Bapak Prof. Zudan Arif Fakrulloh, seluruh unsur pejabat Forkopimda tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota di wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

Rapat ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauhmana kesiapan dan juga kemungkinan adanya potensi permasalahan yang dapat menghambat penyelenggaraan Pilkada serentak, sehingga dapat secara dini mengantisipasi permasalahan tersebut dan memastikan rangkaian tahapan Pilkada berjalan aman dan lancar.

Pada kesempatan ini, Menkopolhukam RI mengatakan bahwa tahun 2024 merupakan puncak pelaksanaan Pemilu terbanyak sepanjang sejarah, sehingga penting bagi semuanya untuk menjaga stabilitas keamanan nasional.

“Sinergitas TNI Polri dalam mengutamakan netralitas dan menjaga keamanan nasional, termasuk sinergi unsur Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk mengawal pelaksanan Pilkada serentak” jelasnya.

Langkah strategis harus disiapkan antara pemerintah dan penyelenggara Pilkada, ujarnya, untuk mengantisipasi kemungkinan potensi timbulnya permasalahan.

Untuk itu, Menkopolhukam RI menekankan setiap instansi pemerintah, TNI Polri, Kementerian/Lembaga dapat saling bersinergi melaksanakan perannya masing-masing sesuai bidang tugasnya untuk menyukseskan Pilkada serentak, sehingga berjalan aman dan lancar.

Related posts