Danlantamal V Hadiri Upacara Puncak Peringatan HUT Ke-68 Penerbangan TNI Angkatan Laut Tahun 2024

 

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Brigjen TNI (Mar) Joni Sulistiawan, S.H., M.Han. didampingi Ketua Korcab V DJA II Ny Heny Joni Sulistiawan, menghadiri upacara puncak peringatan HUT Ke- 68 Penerbangan TNI Angkatan Laut yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNl Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla yang di gelar di Apron Hanggar Pangkalan Udara TNl AL Juanda, Puspenerbal. Kamis (27/06/2024)

Dengan mengangkat tema “Puspenerbal Siap Mendukung Pembangunan Pertahanan TNl Angkatan Laut yang Kuat Menuju Indonesia Maju”, pada peringatan puncak ini, diawali dengan Penyematan Brevet Kehormatan Penerbangan Angkatan Laut yang diberikan kepada Wakasal Laksdya TNl Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc., Dankodiklatal Letjen TNl (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr.(Han)., Asops Kasal Laksda TNl Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr.Opsla., Asrena Kasal Laksda TNl Achmad Wibisono, S.E., CHRMP., Pangkoarmada I Laksda TNl Yoos Suryono Hadi, M.Tr.(Han)., M.Tr.Opsla., CHRMP., Pangkoarmada II Laksda TNl Ariantyo Condrowibowo, M.Tr.Opsla., dan Pangkoarmada III, Laksda TNl Hersan, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla.

Kegiatan dilanjutkan dengan Upacara Parade dan Defile di Apron Hanggar Lanudal Juanda yang dihadiri para pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama TNI/TNl AL, Forkompinda Jawa Timur dan undangan lainnya. Pada upacara HUT ke-68 ini, dimeriahkan dengan demo udara yang dimainkan oleh 23 pesud TNl AL diantaranya 5 Pesud Piper Archer, 5 Pesud G-36 Bonanza, 3 Pesud Bell 505, 1 Pesud King Air, 2 Pesud CN 235, 3 Pesud Casa NC 212, 4 Pesud AS565 MBe Panther dan 1 Pesud Bolcow, 1 UAV Scaneagle. Untuk menambah keindahan jalannya upacara, 13 pesud TNl AL dijadikan background pasukan upacara yang bershaf dari timur ke barat yakni TB-9, TB-10, Casa NC 212, CN-235 MPA, AS565 Mbe Panther, Bell 412, 3 Pesud BO-105 Bolkow dan 2 Unit EC120 Colibri.

Dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNl Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla menyampaikan, “Saya selaku pemimpin TNI Angkatan Laut, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh prajurit rajawali laut atas dedikasi dan pengabdian yang telah diberikan dalam menjaga tegaknya kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.

Pada hari jadinya yang ke-68 tahun 2024 ini, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNl Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla meresmikan Monumen Penerbangan Angkatan Laut, dimana peletakan batu pertamanya dilaksanakan pada 12 September 2023 yang lalu. Pada bagian utama monumen, terdapat dua patung Penerbang TNI AL dengan mengenakan Flightsuit yang menatap tajam langit nusantara.

Di dalam monumen tersebut, pada dinding kiri dan kanan patung, terukir 580 deretan nama perwira Penerbang TNI AL beserta Navy Numbernya yang pernah menerbangankan berbagai jenis pesawat TNI AL sejak perang kemerdekaan, hingga penerbang muda yang baru menyelesaikan pendidikan penerbang di tahun 2024 ini. Dengan keberadaan monumen ini diharapkan masyarakat dapat mengenal lebih dekat tentang sejarah pengabdian pesawat TNI AL, sebagai salah satu kekuatan dalam Sistem Senjata Armada Terpadu TNI AL.

Related posts