Turunkan Laju Stunting, Ratusan Guru PAUD Ciamis ikuti Bimtek PAUD HI

 

Ciamis, Jabar -PW.Bunda PAUD Kabupaten Ciamis, Bunda Yulia Sari secara resmi membuka Bimtek PAUD Holistik Integratif, Senin, 10/06/2024.

Acara yang digelar di GOR Desa Panyingkiran ini diikuti oleh 150 orang guru PAUD.

Dalam sambutannya, Bunda Yulia Sari mengatakan bahwa angka stunting di Kabupaten Ciamis berdasarkan hasil SKI ada peningkatan sebesar 6,8% di tahun 2023 dari 18,6 menjadi 25,4 ujar Bunda.

“Artinya masih belum optimalnya capaiannya, oleh karena itu laju penurunan stunting harus lebih dioptimalkan pada tahun 2024 dan 2025,” jelasnya.

Menurut Bunda, intervensi spesifik dan sensitif harus benar-benar dijalankan dengan baik.

“Pengentasan stunting harus menjadi sebuah gerakan bersama yang melibatkan PKK, tokoh agama, ibu-ibu Posyandu, dan Pentahelix.” terang Bunda.

Kadisdik Ciamis, yang diwakili Sekdis Uned Setiawan mengatakan bahwa Disdik Ciamis sebagai bagian dari layanan sensitif telah berupaya menekan penurunan angka stunting, salah satunya melalui PAUD Holistik Integratif.

“PAUD Holistik Integratif ini merupakan upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan essensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis dan terintegrasi.” Terang Uned.

Ditambahkan Uned, bahwa PAUD Holistik Integratif itu sendiri adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh), tambahnya.

“Menyeluruh mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, serta perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak usia dini,” terangnya.

“Tentunya harus dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan baik di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, maupun pusat.” Pungkasnya.

Ketua Penyelenggara, Eka Yudha Katresna mengatakan, kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Disdik dan Pokja Bunda PAUD Ciamis.

Menurut Eka selaku Kabid PAUD mengatakan dari 954 lembaga PAUD yang ada di Kabupaten Ciamis yang telah mengikuti kegiatan ini sebanyak 450 lembaga atau 47% dan masih tersisa 504 lembaga 52%.

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua Pokja Bunda PAUD, Gitta Griselda, Kadisdukcapil, Pokja 1-IV TP PKK Kab. Ciamis, serta perwakilan OPD.***

Jurnalis: Adyluhung

Related posts