Wadan Lantamal V Hadiri Apel Gelar Pasukan Dan Manuver Lapangan Latpam Pemilu Tahun 2023

 

Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadan Lantamal) V Kolonel Marinir Baedhowi Oktafidia menghadiri apel gelar pasukan dan manuver lapangan latpam pemilu tahun 2023 bertempat di dermaga madura Koarmada II ujung, Surabaya. Rabu (22/11/2023).

Apel gelar pasukan dan manuver lapangan latpam pemilu tahun 2023 di pimpin oleh Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofyan, S. T., M. Si., CHRMP., M. Tr. Opsla yang di wakili oleh Kaskoarmada II Laksma TNI Isswarto, M. Tr. Opsla., CHRMP.

Dalam apel tersebut, Kaskoarmada II melaksanakan inspeksi terhadap kesiapan alutsista dan prajurit yang terlibat. Sebanyak 805 prajurit terdiri dari satu pleton perwira staf latihan, empat kompi gabungan , enam kompi pengamanan huru-hara (PHH), satu pleton pomal, satu tim K-9, satu tim Intel, dan satu tim kesehatan.

Pangkoarmada II dalam anamatnya yang di bacakan Kaskoarmada II menyampaikan, “Apel gelar kesiapan ini merupakan tahap akhir pengecekan kesiapan personel dan material yang terlibat dalam latihan pengamanan pemilu dan manuver lapangan yang akan dilaksanakan nantinya.”

Pada tahap manuver lapangan dilaksanakan pada tanggal 13-23 November 2023 prajurit yang terlibat dalam latpam pemilu diberikan materi mengenai sikap dasar PHH, membentuk formasi bersyaf, paruh lembing, teknik dorong serta teknik dorongan dan sabetan. Tidak hanya itu, prajurit yang terlibat dalam latihan juga melaksanakan latihan materi perubahan formasi, tindakan penghalauan massa, dan drill teknis serta taktis.

Latihan ini melibatkan dua unit mobil pemadam kebakaran Koarmada II, dua unit mobil ambulance dari dinas kesehatan Koarmada II dan Rumkital dr. Idris P. Siregar, satu unit mobil Pomal Koarmada II, satu unit mobil K-9 pom Lantamal V, serta empat unit truk dinas TNI AL.

Related posts