Bunda Arzeti Bilbina Berikan Edukasi kepada Para Milenial Tentang Obat dan Makanan Yang Aman Dikonsumsi

 

Sidoarjo.PW- Anggota komisi IX DPR RI, Dr. Hj. Arzeti Bilbina, M. A. P bersama badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) memberikan edukasi kepada ratusan anak milenial di Sidoarjo terkait obat dan makanan yang aman. Kegiatan diadakan di Transmart Lt.3 Jl. Mayjen Sungkono Desa Pagerwojo kecamatan Buduran – Sidoarjo. Minggu (4/11/2023).

Di depan para milenial Arzeti menyampaikan ketika kita sakit tentunya kita akan ke dokter. Ketika ke dokter tentunya kita akan mendapat resep. Setelah mendapat resep kita tentunya akan ke apotek untuk membeli obat. Ketika membeli obat apa yang akan kita lakukan?

“Tentunya untuk mendapatkan obat dan makanan yang aman kita harus melakukan Cek KLIK. Ada 4 hal yang harus kita lakukan dalam memilih obat dan makanan yang aman yakni Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Tanggal Kadaluwarsa,” ungkap Arzeti.

Masih kata Arzeti, pertama cek kemasan dapat dilakukan dengan memastikan kemasan dalam kondisi sempurna atau tidak rusak.

Kedua cek label dengan cara selalu membaca label obat atau makanan yang akan kita beli. Minimal ada nomor izin edar, komposisi, nama produk, jenis, kode produksi, tanggal kadaluwarsa.

Ketiga cek izin edar obat atau makanan yang memiliki ijin edar dari BPOM biasanya mencantumkan nomor registrasi dari BPOM.

Keempat cek tanggal kadaluwarsa. Makanan yang kadaluwarsa mengalami perubahan komposisi kimia dan tentunya berbahaya jika dikonsumsi.

Disinggung terkait peserta yang dominan anak-anak muda, Arzeti menyampaikan saat ini kita berbicara obat dan makanan yang fokus pada kesehatan. Selama ini kalau kita bicara obat tentunya untuk orang tua, tentunya anak-anak juga harus paham ilmu bagaimana mereka memilih obat yang baik yang harus mereka konsumsi.

“Tentunya kalau kita membeli obat ataupun makanan kita harus memperhatikan kemasan, label, ijin edar dan waktu kadaluwarsa,” pesan Arzeti.

Arzeti berharap dengan adanya sosialisasi ini masyarakat akan terus dicerdaskan sehingga ke depannya mereka dalam mengkonsumsi obat dan makanan akan sangat hati hati.

Turut hadir dalam acara ini yakni komunitas mahasiswa Muhamadiyah Sidoarjo, GMNI, HMI, Dewan Pemuda Sidoarjo. (Znr)

Related posts