Lantamal V Selenggarakan Latihan Penanggulangan Bencana Alam TA. 2023

 

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V menyelenggarakan latihan penanggulangan bencana alam TA 2023 yang dibuka secara langsung oleh Danlantamal V Brigadir Jenderal TNI Marinir Joni Sulistiawan, S. H., M. Han yang diwakilkan oleh Asisten operasi (Asops) Danlantamal V Kolonel Laut (P) Muhammad Taufik bertempat di Gedung Serbaguna (GSG) Mako Lantamal V Perak, Surabaya. Kamis (02/11/2023)

Adapun tujuan diselenggarakan latihan tersebut meningkatkan profesionalisme dan pengetahuan personel Lantamal V dalam memahami teknis, mekanisme koordinasi dan prosedur operasional penanggulangan bencana alam sesuai standard operasi dan prosedur (SOP) dilingkungan TNI/TNI AL.
” Terwujudnya kemampuan penyusunan rencana operasi evakuasi, pencarian, penyelamatan, pengendalian bantuan dan pengamanan pada operasi penanggulangan bencana alam secara tepat dan cepat. ” Tambah Asops Danlantamal V saat membacakan sambutan Danlantamal V

Dalam pelatihan penanggulangan bencana alam tersebut, Lantamal V menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Surabaya untuk memberikan beberapa materi yang berhubungan langsung dengan penanggulangan bencana alam, adapun materi yang disampaikan tentang mitigasi bencana sebagai Narasumber Bpk.Anang Kustyawan, S. STP. Yang sehari – harinya menjabat sebagai staf bidang pencegahan kesiapsiagaan koordinator wilayah utara BPBD kota Surabaya.

Bertindak sebagai Perwira Pelaksana Latihan(Palaklat) Letkol Laut (P) Ali Sodikin Pabanops Sops Lantamal V dan Pelaku latihan Penanggulangan bencana alam diikuti oleh Prajurit jajaran Lantamal V yang terdiri dari unsur Pomal Lantamal V, Yonmarhanlan V, Diskes Lantamal V, Satsiaga dan PMK Denma Lantamal V dengan merealisasikan latihan Praktek dilapangan dengan disimulasikan Penanggulangan kebakaran hutan bakau yang menjalar kebeberapa bangunan milik TNI AL, disamping itu juga diskenariokan ada korban luka – luka bakar yang dievakuasi oleh tim medis Diskes Lantamal V dari tempat kejadian menuju posko kesehatan Lantamal V dengan catatan korban luka – luka berat langsung dirujuk Ke Rumah Sakit terdekat yang berlokasi di Kawasan Lapangan Ambalat Koarmada II Ujung Surabaya.

Related posts