Lanal Banyuwangi Gelar Latihan Dasar Jungle And Sea Survival

 

Surabaya, 02 Oktober 2023,–
Guna membekali cara bertahan hidup dilaut dan dihutan, Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi menggelar Latihan Dasar (Latsar) Jungle and Sea Survival kepada Taruna dan Taruni Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi (APIB) di Hutan Selogiri Banyuwangi, (01/10/23).

Taruna dan Taruni yang mengikuti Latsar Jungle and Sea Survival diantaranya dari PST D-III dan ND PST (Penerbangan Sayap Tetap) 32 Orang, Polbit OPU (Pola Pembibitan Operasional Pesawat Udara) 24 Orang dan OPU Non Reg Operasional Pesawat Udara 15 Orang.

Kegiatan Latsar Jungle and Sea Survival dibuka langsung oleh Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Indra Nusha R, pada tanggal 25 September 2023 yang dihadiri oleh Wakil Direktur II APIB Ariyomo, dan Palaksa Lanal Banyuwangi Mayor Laut (P) Rochmat Abdullah, beserta Perwira Staf Lanal Banyuwangi. Sedangkan kegiatan latihannya dilaksanakan sampai tanggal 01 Oktober 2023.

Danlanal Banyuwangi dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan yang telah dilaksanakan ini merupakan bekal awal guna meningkatkan keterampilan baik keterampilan individu maupun kelompok bagi Taruna dan Taruni APIB.

Lebig lanjut dalam menjalankan tugas dan profesi bagi sebagai seorang penerbang atau pilot dituntut untuk memiliki keuletan, loyalitas, dedikasi serta kemampuan dan keterampilan khusus, guna mendukung tugas dan profesi tersebut, karena seorang penerbang atau pilot dalam medan tugasnya tidak terlepas dari resiko keadaan darurat atau bahaya dan musibah yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Pada kegiatan tersebut para Taruna dan Taruni dilatih oleh Prajurit Lanal Banyuwangi yang dipimpin oleh Perwira Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Banyuwangi Kapten Laut (KH) Rianto, S.H.

Pelatihan Sea Survival meliputi teori dan praktek P3K, ketangkasan berenang berbagai macam gaya renang, water trappen, lompat paku, back roll, mengapung berkelompok atau hadle, selam dasar, sedangkan untuk Jungle Survival meliputi teori dan praktek kompas, jebakan hewan, mengenal jenis-jenis tumbuhan dan hewan yang bisa dimakan dan beracun, membuat api dengan cara tradisional serta memasak dengan peralatan seadanya.

Latsar Jungle and Sea Survival diakhiri dengan pelepasan tanda latihan dan penyematan brevet survival melalui upacara penutupan yang dipimpin oleh Direktur APIB yang diwakili Kabag Keuangan APIB, Diah Tami Rahayu, S.Psi, disaksikan oleh Paspotmar Lanal Banyuwangi, Kapusbangkar APIB Banyuwangi, Pelatih Lanal Banyuwangi dan seluruh pendukung latihan.

Related posts