Perwira Staf Wing Udara 1 Ikuti Officer Meeting Sosialisasi Kelaikan Material dan Jukminu

Komandan Wing Udara 1 Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Dani Achnisundani dan seluruh Perwira Staf Wing Udara 1 mengikuti kegiatan Officer Meeting dalam rangka Sosialisasi Kelaikan Material dan Jukminu yang dihelat di Sarang Rajawali, Lobby Markas Skuadron, Wing Udara 1 Tanjungpinang, Rabu (30/8/2023).

Sosialisasi Pembinaan Kelaikan Material TNI Angkatan Laut disampaikan Pgs. Wadanwing Udara 1 Mayor Laut (P) Arief Sukmono Akbar yang sebelumnya telah mengikuti sosialisasi tentang hal tersebut di Dinas Kalaikan Material Angkatan Laut (Dislaikmatal) Mabesal Jakarta.

Arif mengatakan, Kelaikan Material adalah wujud penerapan hakikat laik pada jenis komoditi militer hasil pengadaan, pemeliharaan maupun mobilisasi sehingga material tersebut dapat dioperasikan atau digunakan dengan tingkat keselamatan yang dapat diandalkan sesuai dengan rancangan fungsi azasi dalam jangka waktu tertentu.

Usai Pgs Wadanwing Udara 1 memaparkan materi sosialisasinya, dilanjutkan paparan kedua tentang Buku Petunjuk Administrasi Umum (Jukminu) yang dipaparkan Letda Laut (P) Adikurnia.

Pada paparan tersebut, Adikurnia menguraikan secara garis besar tentang Tulisan Dinas yang meliputi Peraturan, Perintah Harian, Instruksi, Keputusan, Surat Edaran, Surat Perintah/Surat Tugas, Surat, Nota Dinas, Surat Telegram, Laporan, Pengumuman, Surat Pengantar, Ralat, Perubahan, Naskah Dinas dan lain-lain.

Menurut Adi, maksud dan tujuan dilaksanakannya sosialisasi ini adalah untuk menyeragamkan bentuk Tulisan Dinas dalam kegiatan administrasi surat menyurat, sehingga membantu kelancaran perkembangan organisasi TNI Angkatan Laut secara keseluruhan khususnya Wing Udara 1 dalam penanganan dokumen.

Related posts