Kodim 1504/Ambon Tekankan Jajaran Agar Memegang Teguh Netralitas TNI Dalam Pemilu Serentak 2024

 

Ambon PW. Kodim 1504/Ambon Sosialisasikan Netralitas TNI menjelang Pemilu Serentak 2024 kepada jajaran Koramil 1504-02/Sirimau bertempat di Makoramil 1504-02/Sirimau, Jl.Pantai Mardika, Kel. Hunipopu, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Rabu (26/07/2023)

Hadir pula Mayor Inf Ali Rahim, S.Pd., (Danramil 1504-02/Sirimau), selaku Penyuluh Kapten Inf Effendi Silayar (Pasi Intel Kodim 1504/Ambon), Serma Butar-butar (Batih Lidik), anggota Provost Kodim 1504/Ambon, serta di hadiri oleh 40 Anggota Koramil Sirimau 1504-02/Sirimau.

Dalam kesempatannya, Kepten Inf Effendi Silayar menyampaikan inti dari Netralitas TNI, adalah setiap Prajurit TNI tidak boleh turut serta dalam politik praktis kemudian adanya larangan bagi setiap Prajurit TNI untuk memberikan dukungan dalam bentuk apapun terhadap kegiatan politik menjelang Pemilu Serentak tahun 2024 yang akan dilaksanakan, ujarnya.

Pasi intel Kodim 1504/Ambon Kapten Inf Effendi Silayar juga mengatakan ini berlaku dan untuk ditaati oleh setiap Personel TNI sebagai contoh dilarang memberikan komentar terhadap pemilih, tidak boleh memasuki area TPS baik sebelum selama dan sesudah pencoblosan, dilarang menyimpan atau menempel benda gambar/stiker berbau politik tentang pasangan calon, tidak terlibat dan ikut campur dalam menentukan penetapan peserta baik perorangan maupun kelompok, jelasnya.

“Bukan itu saja setiap Prajurit TNI, juga dilarang menjadi anggota Komisi KPU, Panwaslu, panitia pemilihan, pantia pendaftaran, peserta juru kampanye,” tegasnya.

Disela-sela kegiatan tersebut Mayor Inf Ali Rahim, S. Pd., selaku Danramil 1504-02/Sirimau juga menghimbau dalam rangka menghadapi Pemilu serentak 2024 kita TNI di tuntut untuk mengedepankan Netralitas dan hindari kegiatan-kegiatan yang pada akhirnya dapat merugikan Satuan dan Prajurit TNI sendiri, ucapnya.

“Sosialisasi ini sangat bermanfaat sebagai bentuk edukasi untuk kita semua dalam rangka mensukseskan Pesta Demokrasi penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024,” tutupnya.

Kegiatan sosialisasi Netralitas TNI kepada jajaran merupakan program TNI diseluruh wilayah yang harus dilaksanakan dalam upaya memberikan pemahaman kepada setiap Prajurit.

Kodim 1504/Ambon melaksanakan kegiatan ini secara marathon dan estafet ke jajaran guna mendukung tugas TNI di kewilayahan serta upaya mensukseskan penyelenggaraan Pemilu serentak 2024…@/red

Related posts