Pengukuhan Polisi RW disambut Positif Masyarakat Kapuas

KUALA KAPUAS – PW: Salah satu tokoh masyarakat Kelurahan selat Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah ( Kal-teng ) Basri ( 50 th) menyatakan mengapresiasi dan mendukung penuh dibentuknya Polisi Rukun Wilayah (RW) yang digagas oleh Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri.

“Kami menyambut baik  dengan terlaksananya Pengkuhan Polisi RW yang dilaksanakan oleh Polres Kapuas ini karena nantinya akan bertugas dan langsung turun membantu masing-masing Ketua RW diwilayahnya dalam mencegah adanya indikasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas ) ” kata Basri usai mengikuti pengukuhan dan pelatihan Polisi RW di Aula Polres Kapuas, Rabu (14/6/2023).

Dengan diluncurkannya Program Polisi RW ini diharapkan gangguan Kamtibmas dapat dicegah sejak awal,sehingga persoalan-persoalan yang mungkin timbul di masyarakat dapat diselesaikan dengan cepat.

“dibentuknya Polisi RW diharapkan dapat melakukan penyelesaian permasalahan dengan cepat dan dapat mencegah terbentuknya potensi kejahatan,” ujar Basri.

Basri yang juga menjabat sebagai Ketua Rukun Wilayah ( RW) di Kelurahan Selat Kabupaten Kapusa ini mengatakan tugas Polisi RW nantinya menyelesaikan permasalahan Kamtibmas yang bisa menimbulkan kejahatan, tentunya bersama semua elemen  masyarakat.

Kemudian menganalisis bersama masyarakat tentang potensi yang dapat menganggu Kamtibmas, mulai dari geografis, demografi, dan lainnya. Polisi RW harus berkerjasama dengan para RW dan masyarakat.

Pihaknya juga meminta kepada Polisi RW yang nantinya ditugaskan khususnya di wilayah Kelurahan Selat Kabupaten Kapuas agar segera turun saat ada kejadian apa saja di lingkungan warga masyarakat.

Selain itu juga wajib merespon secara langsung jika dapat laporan dari RW setempat, pungkasnya ,mudahan ini bisa terlaksana dgn baik dan terjalin sinergi yg bardampak positit bagi masyarakat  (RD/FJR)

Related posts