Polisi Lalu Lintas Berikan Edukasi Kamseltibcarlantas Kepada Pemakai Jalan Guna Tingkatkan Kepatuhan Berlalu Lintas

 

Polres Maluku Barat Daya – Dalam mendukung Kegiatan Operasi Kepolisan Ketupat Salawaku 2023, Satuan Lalu Lintas Polres Maluku Barat Daya menggelar Sambang bagi para pengemudi kendaraan bermotor dengan memberikan Edukasi Dikmaslantas kepada Masyarakat pemakai jalan untuk memastikan kepatuhan dalam berlalulintas guna mewujudkan Keamanan, Ketertiban dan Kelancaran berlalu lintas.

Kegiatan Sambang di pimpin oleh Kasat Satuan Lantas Polres MBD Iptu Petra Tuasun S.H. dengan melibatkan personel Satuan Lalulintas Polres MBD, personel Kompi 4 Batalyon C Pelopor Brimobda Maluku dan Personel Kodim 1511 Pulau Moa dengan sasaran para pengendara kendaraan bermotor yang beraktifitas di jalan perempatan depan Pasar Rakyat Tiakur pada Senin siang (24/04/2023).

Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.IK saat dikonfirmasi oleh Seksi Humas Polres MBD menjelaskan, “ Dalam melaksanakan kegiatan Sambang, hal penting yang lebih diutamakan adalah tindakan Preemtif berupa melakukan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas dengan memilikki kriteria penggunaan helm, kelengkapan kendaraan bermotor berupa surat SIM, BPKB maupun STNK. “

“ Disamping pelaksanaan kegiatan Sambang, masyarakat juga perlu diberikan Edukasi menyangkut Dikmaslantas ( Pendidikan Masyarakat Berlalu Lintas) baik itu tatacara berlalulintas, kepatuhan dan ketaatan dalam mengemudi dengan memperhatikan peruntukkan jalan serta tanda rambu lalu lintas itu sendiri sehingga keamanan dan keselamatan pengendara dapat terjamin. “ tutur Kapolres MBD.

Lebih lanjut Kapolres MBD mengatakan, “ Dalam mendukung Operasi Ketupat Salawaku 2023, Satuan Lantas Polres MBD dalam melaksanakan kegiatan Sambang ini semata-mata bertujuan mengajak masyarakat untuk tertib dalam mengemudikan kendaraan bermotor, mentaati rambu-rambu lalulintas itu sendiri sehingga dapat tercipta Kamtibcarlantas yang aman dan kondusif khususnya pada lokasi yang rawan kecelakaan serta meningkatkan kepatuhan, ketertiban dan disiplin warga dalam berlalu lintas. “

“ Jika ditemukan adanya pelanggaran yang dilakukan pengendara kendaraan bermotor oleh Petugas Lalu lintas dilapangan, maka langkah yang diambil adalah memberikan teguran, himbauan dan edukasi secara humanis kepada masyarakat dengan demikian keamanan, kenyamanan dan keselamatan pengendara dalam berkendaraan dapat terjamin sehingga dari sikap yang kita lakukan dapat tercermin adanya tingkat kepercayaan masyarakat menjadi nyata terhadap Polisi Lalu lintas. “ tutup Kapolres MBD.

Related posts