Wujudkan Program Merdeka Belajar, Disdik Ciamis Gelar Bimtek untuk 100 Kepsek

Ciamis, PW: Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Literasi Numerasi Kepala Sekolah Penggerak Lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, digelar pada Senin (25/7/2022).

Bimtek penguatan literasi dan numerasi untuk kepsek tersebut dilakukan dalam rangka mewujudkan program merdeka belajar dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Ilmu Pengetahuan Riset dan Teknologi (kemendikbud ristek).

Sebanyak 100 orang kepala sekolah penggerak di Kabupaten Ciamis turut berpartisipasi dalam kegiatan bimtek penguatan literasi dan numerasi di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis.

“Literasi numerasi sebagai alat ukur untuk kelompok pendidikan jadi menindak lanjuti program pusat khusus sasarannya ke sekolah penggerak. Saat ini ada 100 kepsek penggerak yang mengikuti bimtek ini,” jelas Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdik Ciamis Tetet Widianti

Tetet juga mengungkap, bimtek tersebut dilakukan khusus untuk kepsek sekolah penggerak karena sekolah penggerak merupakan sekolah yang sudah teruji kompetensi kepsek nya.

“Dari sekian ribu pendaftar yang mau menjadi kepsek penggerak di tingkat nasional itu hanya beberapa orang yang diterima kalau di ciamis ada 56 dan 38 kepsek penggerak,” tambahnya.

Bimtek literasi dan numerasi yang termasuk dalam program merdeka belajar itu bertujuan untuk mewujudkan profil pelajar pancasila yang memiliki 6 dimensi.

Diantaranya beriman taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, kreatif, bergotong royong, berkependidikan global dan mandiri.

“Program merdeka belajar itu sudah sampai ke 21 episode, yang terkait Numerasi episode 5, 7, 15 dan 19” pungkasnya.

Related posts