Cegah Abrasi, Komandan Pasmar 2 Beserta Prajurit Menbanpur 2 Mar Tanam Mangrove

(Surabaya) PW : Untuk mencegah abrasi dan menjaga ekosistem wilayah pantai, Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan bersama prajurit Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir menanam 1.200 bibit mangrove di kawasan Wisata Mangrove Wonorejo Rungkut Surabaya. Rabu (06/07/2022).

Sebelum melaksnakan penanaman mangrove, Komandan Pasmar 2 mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut perintah dari komando atas untuk melaksanakan penanaman mangrove yang di selengarakan oleh TNI Angkatan laut di seluruh jajaran.

“Kita patut bersyukur bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar, kita di anugrahi alam yang begitu luas, indah dan sangat mengagumkan, yang terdiri dari ribuan pulau 17.504 terbentang dari Sabang sampai dengan Merauke, itulah kekayaan alam kita belum lagi luas bentangan lautan dan garis pantai kita yang perlu kita lestarikan, karena Indonesa adalah salah satu paru-paru dunia, kita jaga lingkungan agar tetap lestari sehingga bisa menghirup udara yang segar”, ujar Komandan Pasmar 2

Lebih lanjut dikatakan, dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah, kita Korps Marinir TNI AL melaksankan kegiatan-kegiatan dalam rangka pelestarian lingkungan, kita akan melaksanakan penanaman mangrove. Mangrove ini merupakan tanaman yang sangat bermanfaat bagi lingkungan, mengikat zat hara yang berguna bagi tumbuh-tumbuhan tempat hidupnya habitat-habitat binatang laut yang akan berkembang bagian dari ekosistem yang ada di pantai, mangrove mencegah erosi dan abrasi atau pengikisan permukaan tanah akibat hempasan ombak laut.

“Penanaman pohon mangrove ini merupakan program Save Our Littoral Life yang dilaksanakan terus menerus, yang diinisiasi oleh Komandan Korps Marinir dalam melaksanakan program Marine For Life”, pungkas Komandan Pasmar 2.

Ikut serta dalam kegiatan tersebut, Asintel Danpasmar 2 Kolonel Marinir Teguh Santoso, Danmenbanpur 2 Marinir Kolonel Marinir Hadi Santoso dan para Komandan Batalyon dijajaran Pasmar 2.

Related posts