Yonranratfib 2 Marinir Tanamkan Jiwa Bela Negara Bagi Generasi Penerus Bangsa

(Surabaya). Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 2 Marinir (Yonranratfib 2 Mar) melaksanakan kegiatan Potensi maritim (Potmar), menerima kunjungan Siswa TK Taman Indria dengan melibatkan Kendaraan tempur (Ranpur) Amfibi jenis LVT 7-A1, BTR 50 PM dan BTR 50 PK, sebagai sarana dalam memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk mengetahui lebih dekat tentang Korps Marinir TNI AL maupun material tempur di Kesatrian Marinir Soepraptono, Semarung, Ujung Surabaya. Selasa (21/06/2022).

Pada kegiatan kunjungan ini Siswa-siswi TK didampingi guru maupun wali muridnya tidak hanya sekedar melihat secara langsung Alutsista yang ada di jajaran Resimen Kavaleri 2 Marinir (Menkav 2 Mar), melainkan pengenalan karakteristik maupun mobilitas Ranpur diikuti para siswa naik Ranpur mengelilingi area Kesatrian. Rangkaian kegiatan dikemas dalam pembinaan generasi penerus bangsa sebagai salah satu contoh unsur program bela negara bagi siswa pelajar ini. Selain itu, Siswa-siswi juga diperkenalkan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan pemutaran filler profil Satuan untuk menambah wawasan tentang pengetahuan militer, guna memotivasi, membentuk karakter dan kedisiplinan siswa.

Kegiatan ini merupakan aplikasi Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono untuk membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Di tempat terpisah Komandan Yonranratfib 2 Mar Letkol Marinir Kuswandi, S.H., M.Tr.Opsla. menyampaikan, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi nilai patriotisme, cinta tanah air dan bangsa serta jiwa nasionalisme sebagai landasan dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Lebih spesifiknya, pengetahuan militer sangat perlu diberikan kepada anak-anak sejak dini agar dapat menjiwai dalam membentuk karakter, sikap, jiwa disiplin, taat dan tertib, yang nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah ataupun hidup bermasyarakat dalam mewujudkan generasi muda yang berkualitas, berguna bagi nusa dan bangsa,” pungkas Komandan.

Related posts