Prajurit Galagasi Perkasa Yon POM 2 Marinir Laksanakan Pengambilan Tawanan Perang Di Garis Depan

(Mojokerto),-PW: Batalyon Polisi Militer 2 Marinir (Yon POM 2 Mar) tingkatkan profesionalisme prajurit guna mendukung tugas dan fungsi Yon POM 2 Mar dalam operasi militer di daerah Operasi dalam Latihan LSD ll TW ll Tahun 2022 dengan materi pengurusan tawanan perang (Rustaper) di Ds. Padi, Kec. Gondang, Kab. Mojokerto, Kamis (19/05/2022).

Rustaper merupakan salah satu tugas pokok Prajurit Yon POM 2 Mar dalam mendukung Operasi Amfibi. Disimulasikan apabila satuan infanteri yang berada di garis depan mendapatkan tawanan perang dan meminta kepada Danton Pom untuk mengambil tawanan perang. Selanjutnya Danton Pom memerintahkan  satu Regu Pom untuk berangkat mengambil tawanan perang sesuai dengan koordinat yang telah ditentukan. Selanjutnya Danru Pom membawa tawanan menuju ke posko Ton Pom untuk menjalani prosesing yang meliputi : penerimaan, interogasi, foto dan cuci cetak, sidik jari, pencatatan hingga ditempatkan di dalam bilik penggolongan, sesuai klasifikasi tawanan perang, dengan berpedoman pada hukum Humaniter.

Komandan Batalyon Polisi Militer 2 Marinir (Danyon POM 2 Mar) Letkol Laut (PM) Andre T. Alexander menyampaikan arahan bahwa pengurusan tawanan perang merupakan salah satu tugas pokok prajurit  Yon POM 2 Mar dalam mendukung operasi militer perang, dengan tujuan agar prajurit Yon POM 2 Mar mampu dan memahami tugas tugasnya.

“Latihan ini adalah salah satu kesejahteraan prajurit, maka gunakan kesempatan yang baik ini untuk berlatih dan berlatih,dalam penanganan rustaper kita sesuaikan dengan hukum humaniter Internasional yang telah disepakati dalam Konvensi Jenewa agar di kemudian hari tidak ada tuntutan mengenai pelanggaran Hak Asasi Manusia,” terangnya.

Related posts