Yontaifib 3 Marinir Pasmar 3 Ikut Serta Dalam Latihan Tikkontu Ditinjau Langsung Oleh Dankormar

Sorong, PW: Prajurit Intai Para Amfibi 3 Marinir Pasmar 3 ikut serta dalam latihan Taktik Kondisi Tertentu (Tikkontu) yang ditinjau langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) bertempat di wilayah Taman Wisata Alam (TWA), Distrik Sorong Timur, Kota Sorong, Papua Barat. Senin (13/12/2021).

Dalam peninjauan tersebut Dankormar didampingi oleh Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E., Ir Koarmada III Laksma TNI Dr. Toto Dwijaya Saputra S.T.M.Si (Han)., M.Tr.Opsla., Kapoksahli Koarmada III Laksma TNI Budi Jatmiko, Danlantamal XIV Laksma TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr.Opsla., Danlanmar Sorong Kolonel Mar Anom Widjaja, para Asisten Danpasmar 3 dan para Dankolak/Satlak Pasmar 3.

Rangkaian latihan tersebut diskenariokan bahwa wilayah Sorong telah dikuasai Kelompok Separatis Bersenjata (KSB), aktif melaksanakan aksi teror dan kekerasan terhadap warga setempat sehingga Komandan Pasmar 3 memperintahkan Batalyon Infanteri 11 Marinir dibawah pimpinan Letkol Marinir Gigih Catur Pramono, S.H., M.Tr.Opsla melaksanakan operasi penumpasan gerakan separatis di wilayah Sorong Timur.

Dalam sambutannya, Komandan Korps Marinir mengatakan tujuan dilaksanakannya latihan ini untuk meningkatkan interoperability dan capability prajurit Pasmar 3 melalui latihan teknis dan taktis serta latihan satuan tingkat batalyon dengan berfokus pada latihan taktik kondisi tertentu.

Lebih lanjut dikatakan, dengan sasaran menguasai mekanisme dan prosedur proses pengambilan keputusan Komandan Satuan beserta staf dalam merencanakan operasi taktik kondisi tertentu secara terpadu berdasarkan ketentuan yang berlaku serta menguasai pengetahuan operasi militer batalyon dalam operasi lawan gerilya, operasi penyebrangan sungai, operasi daerah pegunungan dan operasi daerah hutan berpenduduk serta mampu mengaplikasikan drill tempur dan manuver di lapangan.

Related posts