Ukur Kebugaran Fisik Prajurit Pelatih Kolatmar Laksanakan Samapta

(Pasuruan) – PW: Dalam rangka menguji serta menjaga kesiapan dan kebugaran personil Marinir yang berdinas di Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) Pasuruan menggelar tes Kesegaran Jasmani bagi seluruh prajurit Mako dan Kima Kolatmar yang dilaksanakan di Lapangan Mako Kolatmar Jl. Raya Embong Miring No. 1 Grati, Pasuruan Jawa Timur Selasa (16/22021).

Tes kesegaran jasmani yang digelar dua kali dalam setahun, wajib hukumnya diikuti seluruh personil prajurit Kolatmar. Pelaksanaan Semapta Periode I TA. 2021 ini dilaksanakan bulan Februari.

Sebelum pelaksanaan tes kesegaran jasmani seluruh peserta mendapat pengarahan dari Perwira Staf Personil (Paspers) Kolatmar Letkol Marinir Pujiono S.E, M.M yang intinya tes kesegaran jasmani ini merupakan salah satu tolak ukur sejauh mana pembinaan yang dilakukan satuan terhadap personil dijajarannya.

Paspers juga menegaskan, bahwa setiap prajurit wajib mengikuti kegiatan tes kesegaran jasmani/samapta tersebut. Bagi personil yang belum melaksanakan hari ini bisa melaksanakan sesuai jadwal yang sudah dibuat oleh Binjas/Minpers Kolatmar.

Materi tes kesamaptaan jasmani terdiri dari Batere A; (Lari 12 menit) dan Batere B: (Pull Up, Sit Up, Push Up, Dan Shuttle Run). Sebelum pelaksanaan tes, seluruh anggota melaksanakan tensi darah oleh petugas kesehatan dari Balai Kesehatan (BK) Kolatmar untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan samapta nantinya. Dari hasil pengecekan tensi darah dinyatakan bahwa anggota Mako dan Kima Kolatmar seluruhnya sehat dan bisa mengikuti kegiatan samapta tersebut.

Tes ini bertujuan untuk mengetahui serta mengukur sejauh mana kondisi serta kebugaran fisik anggota Mako dan Kima Kolatmar Hasil dari Tes Samapta ini nantinya akan disampaikan ke Komando Atas sebagai bahan laporan serta evaluasi mengenai kebugaran dan kesiapan fisik serta kesehatan anggota Mako dan Kima Kolatmar dalam melaksanakan tugas yang dipercayakan kepada seluruh anggota Kolatmar.

Related posts