Hadapi Musim Kemarau Personel Kodim 1009/Tanah Laut Patroli Bersama Antisipasi Karhutla

Tanah Laut-PW: Sebagai ujung tombak TNI-AD, Babinsa Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman, dituntut agar selalu selalu sigap dan tanggap terhadap perkembangan atau perubahan situasi yang terjadi di wilayah binaannya. Salah satunya dalam mengantisipasi Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) akibat dampak dari musim kemarau yang mulai melanda wilayah Kab. Tanah Laut.

Upaya yang dilaksanakan salah satunya dengan rutin melaksanakan patroli dan sosialisasi di wilayah binaan mereka dengan resiko Karhutla cukup tinggi. Guna meningkatkan kesadaran masyarakat setempat akan bahaya Karhutla dan mengajak mereka untuk berpartisipasi aktif dalam pencegahannya.

Tampak di Salah satu tempat pelaksanaan patroli yakni di Desa Tanjung, Kecamatan Bajuin, Kab. Tanah Laut dan sekitarnya, Serma Zainal Arifin Babinsa Koramil 1009-02/Pelaihari, bersama dengan Manggala Agni, Babinkamtibmas, serta komunitas masyarakat peduli api, tanpa mengenal lelah secara rutin dan berkesinambungan memantau titik potensial rawan Karhutla, Rabu (21/08/2024).

“Menindak lanjuti perintah langsung Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tanah Laut Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., kami bersama instansi terkait rutin berpatroli dan memberikan sosialisasi. Tidak hanya di Desa Tanjung saja, akan tetapi di seluruh Desa di Kecamatan Bajuin yang berpotensi terjadinya kebakaran,” ujarnya.

“Patroli dan sosialisasi rutin ini menjadi bagian penting dari upaya pencegahan dan mendapat respon positif dari masyarakat setempat, sehingga mereka lebih waspada dan saling mengingatkan untuk tidak melakukan tindakan yang dapat memicu terjadinya Karhutla,” tuturnya menambahkan.

(red/mask95).

Related posts