Personel Kodim 1009/Tanah Laut Hadiri Acara Pengukuhan Kepala Desa Se-Kabupaten Tanah Laut

Tanah Laut – PW: Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., yang diwakili oleh Kepala Staf Kodim Mayor Inf Sarjito menghadiri Acara Pengukuhan Kepala Desa Se – Kabupaten Tanah Laut, Bertempat di Gedung Balairung Tuntung Pandang, Jl. Pancasila, Kel. Pelaihari, Kec. Pelaihari, Kab. Tanah Laut, Rabu (03/07/2024).

Sebanyak Seratus Dua Puluh Enam (126) Kepala Desa (Kades) dikukuhkan dengan penambahan masa jabatan selama Dua (2) tahun yang semula masa jabatannya selama Enam (6) Tahun kini menjadi Delapan (8) Tahun. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan kedua atas undang-undang nomor 6 Tahun 2024 tentang Desa.

Dengan adanya penambahan masa jabatan tersebut Lima Puluh (50) Kades menjabat hingga tahun 2028, Dua Puluh Lima (25) Kades berakhir masa jabatannya hingga tahun 2029, Lima Puluh Satu (51) Kades menjabat hingga tahun 2031. Kemudian ada Empat (4) desa lainnya masih dijabat oleh pejabat Kepala Desa yaitu Desa Panggung Kecamatan Pelaihari, Desa Kuringkit Kecamatan Panyipatan, Dess Tajau Pecah Kecamatan Batu Ampar dan Desa Jorong Kecamatan Jorong.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Tanah Laut Ir. H. Syamsir Rahman, M.S., menyampaikan bahwa pengukuhan ini merupakan bentuk pengakuan atas kepemimpinan yang telah berjalan dengan baik. Langkah ini diambil untuk memberikan kesempatan yang lebih luas bagi Kades dalam melaksanakan program-program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa dengan lebih maksimal dan lebih optimal.

“Waktu yang lebih panjang ini saya berharap agar para Kepala Desa dapat lebih fokus, lebih efektif kemudian lebih inovatif dalam menjalankan tugas-tugasnya. Kepala Desa adalah perpanjang tangan Bupati dan saya berharap dengan tambahan masa jabatan ini menjadikan pemicu semangat untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada warga bapak – ibu Kepala Desa sekalian,” turur Pj. Bupati.

“Peran Kades sangatlah vital dalam membangun daerah. Kades adalah pemerintahan yang berhadapan langsung dengan masyarakat oleh karena itu saya berharap agar para Kades yang hari ini dikukuhkan dapat menjalankan amanah tanggung jawab dengan dedikasi yang tinggi yang didukung dengan partisipasi aktif masyarakat dalam setiap program pembangunan untuk mencapai hasil yang lebih optimal,” tutupnya. (red/mask95).

Related posts