Kaskoarmada II Pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapan Gugus Tempur Operasi Trisila-24 Periode III

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo, yang diwakili oleh Kaskoarmada II Laksma TNI Isswarto, M.Tr.Opsla., CHRMP., memimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapan Gugus Tempur Operasi Trisila-24 Periode III, bertempat di Dermaga Madura Koarmada II Ujung Surabaya, Selasa (2/7).

Pangkoarmada II pada sambutannya yang dibacakan Kaskoarmada II mengatakan bahwa Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan hari ini, merupakan kolaborasi antara Koarmada RI, Puspenerbal, dan Korps Marinir, dimana operasi ini tidak hanya menegakkan keamanan melainkan juga mengemban tanggungjawab besar untuk melindungi kepentingan nasioanal di laut yurisdiksi Indonesia serta mencegah dan menangani segala bentuk pelanggaran yang terjadi.

“Operasi ini bertujuan untuk membangun kemampuan tempur unsur-unsur SSAT yang terlibat serta mengembangkan potensi maritim di wilayah operasi guna memperkuat kehadiran keunggulan kita di laut” ujar Kaskoarmada II.

Selama Lintas Laut (Linla) Satgas Trisila akan melaksanakan tugas penegakan hukum dan pengamanan terhadap para pengguna laut. Sementara latihan taktis di laut dan pendaratan amfibi digelar untuk meningkatkan kesiapan dan kemampuan tempur dan operasi trisila yang melibatkan instansi lain harus selalu koordinasi untuk mencapai kesuksesan operasi ini,” pungkasnya.

Related posts