Siap Jadi Lanal Teladan, Lanal Cilacap Jalani Berbagai Kegiatan Penilaian

 

Dengan ditunjuknya Pangkalan TNI AL (Lanal) Cilacap sebagai kandidat Lanal kelas B Teladan Tahun Anggaran 2024 mewakili Komando Armada (Koarmada) II, prajurit dan PNS Lanal Cilacap selama dua hari berturut – turut melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka Penilaian Lanal Teladan. Selasa (04/06/2024)

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Cilacap Kolonel Laut (P) Robby Edevaldo, S.A.P., M. Tr.Opsla., dalam sambutannya mengatakan, bahwa kesempatan ini akan dimanfaatkan sebaik mungkin, yakni untuk meraih prestasi menjadi Lanal Teladan sebagai bukti pencapaian kinerja dan prestasi pada TNI AL.

Lebih lanjut, Tim penilai akan memberikan penilaian secara obyektif dan sebaik mungkin saat pelaksanaan penilaian, sehingga akan dihasilkan nilai yang diharapkan.

Dijelaskan pula dalam serangkaian penilaiannya Lanal Cilacap melaksanakan kegiatan, diantaranya latihan maupun simulasi menanggulangi huru hara atau pengendalian masa, anti teror dan sabotase, pertahanan pangkalan dan kebakaran.

Selain itu juga latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB), PDD khas TNI AL, tali temali, pluit, menembak laras pendek dan laras panjang. Selanjutnya renang militer, bongkar pasang senjata, upacara bendera, upacara persemayaman, upacara pemakaman, upacara ziarah nasional dan VBSS di laut.

Danlanal Cilacap turut menyampaikan Lanal Cilacap sesuai tugas dan fungsi pangkalan sebagai tempat pangkalan, pembekalan, penyelenggaraan dan pemeliharaan serta perbaikan unsur-unsur operasional TNI AL dan perawatan personel.

Kedepannya Lanal Cilacap diharapkan mampu melaksanakan fungsi pangkalan secara maksimal. Adapun fungsi pangkalan yang dikenal dengan istilah ‘5R’ yaitu Rebase, Replenishment, Repair, Rest and Recreation.

Sementara itu Tim dari Mabes TNI Angkatan Laut akan melihat, mengamati secara langsung kemudian memberikan penilaian ketat dan dipastikan objektif. Demikian disampaikan Wakatim Penilai Lanal Teladan Kolonel Marinir Idha Mochamad Basri, S.E., M.M. ketika membacakan sambutan dari Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI Angkatan Laut Kadisopslatal Laksma TNI I Gung Putra Alit Jaya, S.H, M.S.i.,

Hal ini menurutnya sesuai dengan dasar penilaian pada buku petunjuk yang ditetapkan oleh Kasal. Pihaknya juga menjalankan tugasnya dengan berpegang pada buku petunjuk penilaian Lanal Teladan.

Lebih lanjut, Kolonel Marinir Idha Mochamad Basri, S.E., M.M. menjelaskan bahwa Penilaian Lanal Teladan sebagai salah satu fungsi pengawasan. Sehingga diharapkan dapat menjadi tolak ukur guna melihat tingkat keberhasilan dalam pembinaan Lanal saat ini.

Parameter penilaian meliputi beberapa bidang diantaranya bidang operasi dan latihan, personel, material, logistik dan bidang umum atau kebersihan.

Adapun kegiatan ini merupakan wujud perhatian pimpinan dalam rangka memberikan reward atas dedikasi serta kinerja yang telah dilaksanakan selama tahun 2024.

Related posts