Hasil Pleno KPU MBD Dapil 1 PDIP Unggul Disusul PKP dan Demokrat.

Pelopor Wiratama MBD – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) gelar rapat pleno hari kedua rekapitulasi hasil pemungutan perolehan suara tingkat kabupaten Pemilu Tahun 2024.

Sebelumnya, rapat pleno yang diadakan KPU MBD sempat terhenti selama satu hari, yaitu pada Sabtu (2 Maret 2024), karena menunggu pergeseran kotak suara dari Dapil 1 kecamatan Mdona Hyera Dapil 2 Kisar, Wetar, Romang dan Dapil 3 Babar Damer.

Hingga akhirnya rapat pleno kembali dilanjutkan pada Minggu (3/3/2024), dengan menghitung suara sisa dari Dapil 1 dilanjutkan Dapil 2.

Pada pelaksanaan rapat pleno, sejumlah saksi baik saksi partai politik (Parpol) dan saksi calon presiden dan wakil presiden ada menyampaikan sanggahan dan saran.

Rapat pleno dipimpin Ketua KPU Kristian L. Talupoor, didampingi empat komisioner KPU MBD Kemudian juga hadir Ketua Bawaslu MBD Marthinus Kerlely, S H bersama empat komisioner Bawaslu MBD.

Dari hasil Perhitungan suara Dapil 1 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sukses mempertahankan kursi DPRD Maluku Barat Daya di dapil 1. Partai berlambang banteng moncong putih tetap menjadi Pemenang.

Itu berdasarkan hasil pantauan Media Pelopor Wiratama Minggu, 3 Maret 2024, pukul 19.00 WIT. bertempat di Gedung Serbaguna Tiakur.

Hasilnya, PDIP berhasil menjadi partai pemenang dengan meraup 3. 241 suara. Berhak mengirim satu kadernya sekaligus Incumben ke parlemen MBD.

Suara kedua tertinggi diraih PKB dengan 1.933 suara. Diikuti Demokrat dengan 1.909 suara. Kemudian Hanura 1.538. Perindo dengan 1.493 suara.

Selanjutnya NasDem dengan 1. 467 suara. PAN 1.399 suara. Golkar 1.226.

Selain itu, KPU juga menyatakan hasil dari perhitungan suara dilakukan berjenjang oleh KPPS. Laporan akan disampaikan secara berjenjang dalam rapat pleno oleh PPK, KPU ditingkat Kabupaten, Kota hingga Provinsi sesuai UU yang berlaku”kuncinya. (***EW 19)

Related posts